Breaking News
Loading...
Selasa, 18 Maret 2014

Melek Hurup Salah Satu Indikator Penunjang Visi dan Misi Kabupaten Bogor

Ade Sopiyan, S.Pd, MM.Pd [Kasi Pendidikan Masyarakat]
Infodesaku | Bogor - Pendekatan sistemik terbadap pengembangan melalui pendidikan adalah pendekatan di mana masyarakat tradisional sebagai input dan pendidikan sebagai suatu lembaga pendidikan masyarakat sebagai pelaksana proses pengembangan dan masyarakat yang dicita-citakan sebagai outputnya yang dicita-citakan.

Menurut Ki Hajar Dewantoro ada tiga lingkungan pendidikan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Dari ketetapan MPR tentang Garis-garis Besar Haluan Negara kita mengetahui bahwa pendidikan itu merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, pemerintah dan masyarakat.
Dari dua penjelasan tersebut di atas maka bentuk pendidikan dibagi menjadi tiga bentuk yaitu pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non formal (Undang-Undang nomor 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Adalah Visi dan Misi Kabupaten Bogor termaju di Indonesia, salah satu indicatornya adalah peningkatan angka melek hurup (AMH).

Ade Sopiyan, S.Pd, MM.Pd selaku Kasi Pendidikan MAsyarakat menjelaskan bahwa Angka melek hurup pada per Desember 2013 baru mencapai 95,35 % dari usia 15 s/d 59 tahun, sesuai Nisi Buapti Bogor bahwa  5 tahun mendatang pemkab Bogor dapat menuntaskan program tersebut. Adapun langkah menuju perbaikan dan peningkatan jumlah prosentase ditas, adalah melakukan pendataan ulang kembali bekerjasama dengan Kecamatan dan UPTP Dinas Pendidikan disetiap Kecamatan dan para penyelenggara PKBM serta melakukan sinkronisasi data dari Pihak Kecamatan ataupun UPTP Dinas Pendidikan dengan Biro Pusat Statistitik Kabupaten Bogor.

Angka melek hurup itu merupakan salahsatu indikator  menuju Kabupaten termaju di Indonesia. Ucap Ade Sopiyan

Ade menghimbau kepada para UPTP Pendidikan melalui Penilik PLS (Pendidikan Luar Sekolah) agar mendukung program Bupati Bogor, sehingga pendataan yang dilakukan dan ditargetkan hingga sebelum 5 tahun mendatang tuntas dan terprogram, sehingga akhirnya capaian untuk Kabupaten Bogor Bebas Tuna Aksara  terpenuhi sebelum waktu yang tetapkan, tentu ini harus didukung oleh kita semua.

Ditahun 2014 ini kami memiliki Program pencanangan Desa/Kelurahan bebas tuna Aksara setelah pendataan tersebut selesai dilaksanakan, kami berharap pihak Desa/Kelurahan dapan membantu agar program kami berjalan dengan baik dan cepat. Ucap Ade penuh harap. | SANWANIH

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved