Breaking News
Loading...
Selasa, 05 Agustus 2014

Onggokan Situs Dikawasan Puncak Bogor Perlu Pelestarian

Infodesaku | Pincak, Bogor - kawasan Puncak Cisarua selain memiliki keindahan alam dan hamparan kebun teh serta air terjun dan beberapa objek wisata andalan macam taman safari indonesia , Taman wisata matahari dan gunung mas ternyata memiliki keragaman wisata budaya dan wisata
semacam situs situs yang memiliki kekhasana sendiri yang  perlu diperhatikan oleh dinas parawisata kab Bogor . provinsi dan kementrian parawisata dan kebudayaan karena bila di selidiki dan di telusuri akan berkaitan dengan sejarah dan asal usul keberadaan Puncak dan bogor serta kerajaan kerajaan di pulau jawa seperti pajajaran . pakuan dan demak.. seperti contoh :  

1.Situs BATU KARATON 
situs ini terletak di kampung ciburial desa tugu utara yaitu sebongkah batu yang besarnya dan ukurannya 15 x 20 meter di sana selain batu ternyata ada batu batu yg mirip makam di tancapkan hampir seperti disitus batu tulis bogor.. sehingga kesannya ada kemungkinan batu ini berasal dari letusan gunung Gede atau memang sudah ada sejak dulu.. bahkan disitus tsb ada makam mbaatau Pangeran Dita Cipta rasa yg menurut almarhum H.abu bakar salah seorang penjaga makam dn batu kraton turun temurun merupakan salah satu keturunan kerajaan di jawa..  

2.Situs MAKAM MBAH SAMPEUN 
situs ini terletak di kampung sampai warung kaleng desa Tugu selatan cisarua situs ini merupakan makam tua yang sudah bercampur dgn akar akar pohon karet tua yg umurnya sudah ratusan tahun, makam ini menurut para sesepuh disitu adalah makam anaknya mbah rahiya bariya yg merupakan keturunan kerjaaan demak yang berada di situs pasir angin ..
namun kebenarannya akan adanya silisilah Tsb belum sepenuhnya jelas karena belum ada investigasi dn penyelidikkan yg dilakukan namun cerita orangtua bisa dijadikan dasar bahkan untuk kalngan para alim ulam adi Puncak silsilah di mbah sampeun ini sudah di bagikan bahwa mbah arya bariya dgn Mbah sampeun ini adalah bapa dan anak..

makanya ke depan desa tugu selatan selain memilii khasanah wisata touris arab saudi ternya memiliki wisata budaya dan religi.demikian adapun harapannya dari salah satu warga yaitu mang endang yang tinggal di kp.gandamanah menyambut gembira jika pemerintah mau memperhatikan dan melestarikan cagar budaya macam situs situs ini agar bisa diingat dan dikenang oleh generasi mendatang..

3.Situs MBAH BALUNG TUNGGAL  
Situs ini terletak di cipari kareo bersebelahan dgn SDN cisarua sejak dulu sudah ada dn sudah terkenal bahkan banyak yg menginap entah mencari berkah atau apa karena mungkin pemahaman orang berbeda ttg makam dn situs namun hal ini bagi kami terutama masyarakat Puncak menginginkan agar situs ini bisa dijadikan sarana wisata andalan yang berkaitan dgn budaya dan religi karena setiap malam jum'at kliwon dulu dulu ada saja orang orang yang mencoba mengadakan dzikir di situs makam mbah balung tunggal ini.. 
4.Situs KRAMAT BUNTUNG

situs ini terletak di cidokom desa Kopo cisarua tepatnay di eks PTP yang berada di jalur ke cidokom Pondok situs ini  ternya sudah tua umurnya dan sudah ada sejak jaman kebun teh di cidokom belum beralih fungsi menjadi kebun atau villa bahkan banyak orang orangtua dahulu yang rutin utk berziarah dn mengadakan dzikir disini karena di kramat buntung ini sejarahnya sering ada sinar ke atas langit serta kalau ada kerbau masuk kearea situs ini selalu hilang dan tidak diketemukan lagi ..desa kopo seharusnya dibentuk menjadi desa wisata untuk melestarikan beberapa situs  di deasa kopo yang keberadaanya sekarang ternyata amat mengkhawatirkan dan akan berubah menjadi tanah kebun sehingga kekayaaan dn kebradaan situs ini akan hilang akhirnya hilang begitu saja padahal budaya akan tergali dengan mempelajari situs situs ini ke depannya situs situs yg ada di desa kopo bisa menjadi daya tarik wisata ..

5.Situs  KRAMAT SAMODJA
situs ini sama juga terletak di cidokom sawah leuga di tanah eks PTP jug akeberadaanya sekarang pun mengkhawatirkan .. situs ini menurut penjaga tanah disitu seringpula didatangin orang orang yg ziarah dan kebanyakan mereka membaca kitab al Qur;an sebab makam di situs samodja ini adalah makam seorang sholihin yang dulunya sering mengaji alqur'an tiap hari ..

demikianlah keberadaan situs sitsu ini maka untuk itu selanjutnya pemerintah desa yaitu desa tugu selatan , desa Tugu Utara , desa Kopo dan kelurahan cisarua harus menginventarisir keberadaan situs ini dan menjadikan salah satu objek wisata budaya serta menggali hal hal yang berkaitan dengan situs ini,, adapaun kaitan kaitan misal situs situs ini bis menimbulkn kesyirikan bisa dikembalikan pada MUI dan laim ulama setempat serta akhli budaya di kab Bogor atau di jawa barat agar keberadaan situs yang ada ditempat itu bisa tergali dan bisabmenjawab  misteri serta kebardaanya .

6.SITUS MAKAM SYEKH ABDURAHMAN
Situs ini terletak di desa tugu utara tepatnya di tanjakan lengsar dan merupakan salah satu objek ziarah yang sering dikunjungi para peziarah, bahkan bapak bupati rahmat yassin sebelum terpilih menjadi bupati kab Bogor pernah mengunjungi dan ziarah ke makam ini , hal ini berdasarkan keterangan penjaga makam merupakan seorang syekh dari cirebon,
salah satu tokoh dicisarua yang merupakan tokoh parawisata yg sudah malang melintang yaitu bapak Daday Iskandar SE M.Si dalam hal ini menyambut baik hasil investigasi LSM IKKPAS( ikatan komunitas kawasan Puncak sekitarnya ) yang menginventarisir dan mengangkat keberadaan situs sitsu dilokal puncak agar kedepannya bisa dijadikan asset wisata dn budaya dan dalam arahannya coba semua situs ini dibukukan dan di daftarkan di dinas parawisata kab bogor dan dipelihara serta dirawat sebagai asset kebanggaan masarakat Puncak..dan tentunya akan menjadi icon baru di Puncak demikian motivasi yang diberikan oleh bapak daday iskandar ini.

kepada Iman sukarya selaku ketua LSM IKKPAS yg membentuk team Investigasi keberadaan situs di kawasan Puncak untuk dijadikan sebagai sumber keaneka ragaman budaya di kawasan Puncak..karena sitsu situs ini tidak akan ada begitu saja tanpa ada sejarahnya dan tanpa ada maksud serta tujuan dari pada keberdaan situs.. aplagi ini situs orang orang dahulu yang berkiatan dgn keberadaan wilayah maka sudah selayaknay seluruh warga Puncak dan kabupaten Bogor mengetahui keberadaan sitsu ini dn menjaganya agar bisa dilihat dan dikenang oleh generasi mendatang...sebab jangankan situs lama sebuah kisahpun tdk boleh lenyap ditelan bumi sebab itu merupakan kedjaliman, keedepannya LSM IKKPAS siap untuk menjadi pelopor dalam melestarikan situs situs yang ada di Puncak dgn bekerja sama dan berkolaborasi pihak yg terkait yaitu dinas kebudayaan dan parawisata serta lainnya,, sehingga nantinya disitus situs tsb akan mengahasilkan  hal hal yang luar biasa melalui penelitian dan studi banding.. demikian Iman sukaryua dari LSM IKKPAS menyebutkan dalam Visi misi kenapa situs situs di Puncak harus dilestarikan dan diselamatkan
Hingga berita ini diterbitkan sayang camat Cisarua dan para  lurah atau kades yg terkait keberdaan situs ini belum sempat dihubungi oleh Infodesaku karena kaitan masih suasana hari raya idul fitri.1435 hijiriyah. | Iman S

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved