Breaking News
Loading...
Minggu, 10 Mei 2015

Kenali JKN dan BPJS Agar Tepat Sasaran di Tanjungsari


Infodesaku | Tanjungsari, Bogor          

Masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui pembuatan dan manfaat BPJS atau JKNn, serta simpangsiurnya kebijakan bagi penerima BPJS premi non premi yang masih sampai saat ini menjadi pertanyaan bagi sebagaian besar masyarakat kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor.
Oleh karenanya Dinas kesehatan kabupaten Bogor dan BPJS Kabupaten Bogor mengandeng pemerintah kecamatan Tanjungsari guna mensosialisaikan program BPJS/JKN di Gedung Masjid Agung Tanjungsari Kamis ( 07/05) lalu.

Acara yang di pimpin langsung oleh kepala UPT Puskesmas Tanjungsari Drs.Maswir dan telah hadir juga Skm.M. Solihin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, di hadiri juga oleh Muspika sekecamatan Tanjungsari, kader-kader kesehatan, Tokoh masyarakat dan lembaga-lembaga pemerintahan setempat.

Pada acara tersebut di bahas tentang pemahaman dan prosedur dalam proses pembuatan BPJS, ini semua di uraikan agar tidak simpangsiur dalam pembuatan BPJS baik yang mandiri dan non premi.
BPJS non premi di peruntukan masyarakat yang di katagorikkan perekonomiannya kurang sehingga biayanya ditanggung pemerintah Kabupaten Bogor, sehingga bisa membantu meringankan biaya pengobatan warga kurang mampu.

Agar tepat sasaran bagi penerima non premi, maka di himbau kepada pemerintah setempat untuk mendata secara detail dan tepat sasaran kepada masyarakat kurang mampu, sementara bagi masyarakat yang mampu mengajukan BPJS mandiri, agar secara sadar menanggung biaya premi perbulannya karena program ini gotong royong secara Nasional.

Pada acara tersebut tokoh masyarakat mengusulkan diadakan loket-loket BPJS diwilayah perkecamatan untuk mempermudah proses pengajuan BPJS dikarenakan banyak sekali daerah terpencil dan belum mengetahui teknologi syistem online yang saat ini banyak kendala-kendala di lapangan, terutama masyarakat yang tidak mengerti teknologi.

Drs. Maswir sebagai kepala UPT Kesehatan kecamatan Tanjungsari ketika di mintai keterangan mengatakan, acara sosialisasi ini sangat membantu, dikarenakan banyak sekali masyarakat mencari informasi program BPJS,  diharapkan kepada seluruh Muspika Kecamatan Tanjungsari dan Ibu-ibu PKK kecamatan Tanjungsari yang ikut hadir bisa ikut membantu untuk menyampaikan langsung kepada masyarakat, terangnya.

Disaat yang bersamaan Kasubag Tata Usaha UPT Puskesmas Tanjungsari Darul mengatakan,walaupun sudah di beri penjelasan dari pihak puskesmas maupun dari pihak lain, masyarakat tidak semuanya paham, mudah-mudahan dengan adanya sekarang sosialisasi dari pihak Dinas kesehatan dengan mendatangkan kader dan para RT/RW mudah-mudahan dalam hal ini mereka bisa mewakili dan bisa mensosialisasikan terhadap masyarakat gimana caranya masuk BPJS, kegunaan BPJS dan manfaat BPJS, agar seluruh masyarakat menjadi anggota BPJS, itu harapan saya,Kata Darul saat di temui Infodesaku. | ANDI.F

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved