Breaking News
Loading...
Senin, 20 Januari 2014

Meski Diguyur Hujan Deras, Rembuk RW Tetap Berjalan Lancar

Infodesaku | Jakarta - Bertempat di rumah kediaman Ketua RW 03 Kelurahan Cikoko ,Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan, Minggu (12/1) pukul 19.30 WIB dilaksanakan Rembuk RW tahun 2014. Meski diguyur hujan deras sejak pagi hari namun tidak menyurutkan niat hati warga dan aparat kelurahan untuk hadir dalam acara ini.

Pengertian Rembuk RW adalah musyawarah masyarakat ditingkat Rukun Warga ( RW ) untuk mengidentifikasi masalah, kebutuhan dan menentukan kegiatan dalam rangka menyelesaikan masalah berdasarkan skala prioritas yang hasilnya dirumuskan bersama. Pendamping Rembuk RW adalah tim aparatur kelurahan sebanyak maksimal 7 ( tujuh ) orang yang diberi tugas oleh Lurah.
Rembuk RW merupakan tahapan penting dalam proses penjaringan aspirasi masyarakat, untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi. Wakil Lurah Cikoko, Ir Syamsu Rizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Rembuk RW ini bertujuan untuk menetapkan usulan urutan kegiatan prioritas dengan Konsep Sepuluh Lima Tiga.
Adapun pengertian Konsep Sepuluh Lima Tiga menurut Buku Panduan Rembuk RW tahun 2014 adalah :

1.      Menetapkan maksimal 10 ( sepuluh ) urutan kegiatan prioritas usulan hasil Rembuk RW untuk diusulkan dalam anggaran penguatan kelurahan.
2.      Menetapkan maksimal 5 ( lima ) urutan kegiatan prioritas untuk diusulkan dalam anggaran penguatan kecamatan.
3.      Menetapkan maksimal 3 ( tiga ) urutan kegiatan prioritas untuk diusulkan ke tingkat kota/kabupaten dan provinsi.

Rapat ini dihadiri oleh para ketua RT di lingkungan RW 03 kelurahan Cikoko, LMK RW 03, Jonn Islan, Kasi Kesmas Kelurahan Cikoko, Eni Suri, S.Km; M.Si disertai Ketua Karang Taruna RW 03, Intan Pertiwi. Sedangkan dari unsur keterwakilan kaum perempuan dihadiri oleh Wakil Ketua I PKK Kelurahan Cikoko, Endah Handayani, S.E dan Ketua Kelompok PKK RW 03 beserta anggotanya.
Dari PKK mengusulkan beberapa kegiatan antara lain pengadaan kayu atau besi untuk menggantung timbangan dacin balita pada saat kegiatan posyandu. Karang Taruna mengusulkan pengadaan atribut almamater seperti jaket dan topi untuk kegiatan Pelatihan Kepemimpinan atau LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan ). Pengadaan perlengkapan seragan hansip juga  di masukkan dalam usulan program prioritas.

Rembuk RW ini diakhiri tepat pukul 23.00 WIB dengan penandatangan Berita Acara Rembuk RW 03 Tahun 2014 oleh Slamet, Ketua RW 03 dan pendamping dari Kantor Kelurahan Cikoko, Ir. Syamsu Rizal, untuk ditembuskan ke Kantor Perencanaan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta. ( EH )

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved