Breaking News
Loading...
Rabu, 04 Juni 2014

Tim Recheking Lomba Desa Provinsi Jawa Barat Nilai Desa Tugu Utara

Infodesaku | Cisarua - Bogor, Setelah lolos pada tahap awal Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua, kembali mendapat penilaian dari tim rechecking Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Bambang Sugianto, dalam rangka lomba desa tingkat provinsi di Kantor Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Rabu (4/6).



Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan terima kasih dan rasa bangga atas lolosnya Desa Tugu Utara dalam lomba desa tahun ini. “Selamat kepada Desa Tugu Utara yang juara tingkat Kabupaten dan sudah lulus ditingkat penyisihan dan berhasil menyisihkan Kabupaten lainnya”, tandas Bambang.

Dikatakannya juga, bahwa ia berharap dengan adanya lomba desa ini selain dapat membangun desa juga ikut membangun masyarakatnya itu sendiri menuju sejahtera. “Kita berusaha agar setiap desa termotivasi dalam membangun desa, pelayanan publiknya harus baik, kemananan serta dapat ikut mensejahterakan masyarakatnya”, ujarnya didepan Camat Cisarua, Kepala Desa Tugu Utara serta masyarakat yang ikut hadir.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor, Roy E Khoerudin mengatakan bahwa sejalan dengan komitmen kebijakan pemerintah Kabupaten Bogor, pemberdayaan masyarakat desa menjadi salah satu prioritas pembangunan yang sangat penting dan strategis.

“Program pemberian bantuan sarana dan prasarana perdesaan di segala bidang serta peningkatan kualitas SDM aparatur pemerintah dan masyarakat desa tentunya bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh”, kata Roy.

Selain itu pun, Roy menjelaskan bahwa terpilihnya Desa Tugu Utara yang mewakili Kabupaten Bogor sudah melalui beberapa tahapan serta dibawah kepemimpinan Asep M Nawawi berhasil membangun Desa.

”Pemerintah Desa telah berupaya menggali potensi sumber pendapatan desa melalui pembentukan Bumdes yang telah mempu memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PAD) setiap tahunnya lalu kebersamaan dan kerjasama terlihat dimasyarakat, kemudian kewirausahaan masyarakat terbina dengan baik serta tingkat kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan dan pendidikan sudah sangat baik sehingga memberikan kontribusi dalam peningkatan IPM”, terang Roy.

Selanjutnya, Roy pun berharap bahwa ajang lomba desa bukan untuk mencari siapa terbaik, melainkan sebagai sarana evaluasi yang konstruktif guna menunjang terciptanya peningkatan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya melalui pengembangan program desa sehat, cerdas dan desa raharja yang mengarah pada pembinaan desa mandiri.

“Terciptanya Desa sehat, cerdas dan desa raharja merupakan hasil dari sebuah upaya dan butuh kerjasama dengan masyarakatnya”, pungkasnya.

Pada Kegiatan ini, selain melakukan penilaian di Kantor Desa, Tim Rechecking Jawa Barat pun mengunjungi Posyandu dan pelayanan di Desa Tugu Utara yang didampingi oleh Tim penggerak PKK Kabupaten Bogor. | ARIF

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved