Breaking News
Loading...
Kamis, 26 Desember 2013

Pentingnya Sekolah Tinggi Pariwisata Di Pulau Belitung

Infodesaku | Belitung - sebuah pulau kecil di Sumatera yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan karena film Laskar Pelangi yang kisahnya diangkat dari sebuah novel karya penulis Andrea Hirata.


Sejak itu, diakui bahwa jumlah kunjungan turis ke daerah ini semakin meningkat. Pesona alam dan wisata pantainya mampu menarik perhatian turis dalam negeri dan manca negara untuk datang ketempat ini. Geliat bangkitnya pertumbuhan ekonomi juga terlihat dari banyaknya rumah makan dan penginapan yang dibangun oleh investor untuk menunjang pariwisata di Belitung ini.

Menurut Marta Sanjaya,S.Ip;M.Si, seorang akademisi bidang komunikasi kelahiran Belitung, bahwa perlu dibangun sebuah perguruan atau sekolah tinggi pariwisata didaerah ini.

Saat ini sekolah pariwisata yang ada baru setingkat sekolah lanjutan atas atau setingkat sekolah kejuruan. Dengan adanya sekolah tinggi pariwisata nanti diharapkan mampu melahirkan lulusan yang benar-benar mengerti bagaimana melayani dengan hati. “ How To Serve “ sangat penting, bagaimana membuat orang lain senang dan ingin kembali mengunjungi pulau Belitung merupakan tantangan bagi pelaku bisnis ini.

Sementara ini keberadaan biro perjalanan sangat mendominasi jasa pelayanan ini. Perilaku bagaimana melayani pelanggan yang dalam hal ini turis yang datang haruslah memenuhi standar. Pihak terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat harus benar-benar fokus dengan kualitas layanan ini.

Sekolah tinggi pariwisata  juga diharapkan mampu melahirkan lulusan yang benar-benar siap dan mengerti  betapa pentingnya pariwisata sebagai ikon dan usaha meningkatkan PAD ( Pendapatan Asli Daerah ).

Pengenalan etnis budaya juga sangat penting. Marta Sanjaya menyebutkan bahwa betapa pentingnya mata kuliah seperti Komunikasi Antar Budaya, dimana dalam materi ini juga diajarkan pemahaman tentang etnis lokal.

Diakhir perbincangannya dengan Infodesaku, beliau juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk secepatnya merealisasikan kebutuhan sarana pendidikan dibidang pariwisata ini. ( EH )

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved