Breaking News
Loading...
Kamis, 19 Desember 2013

Wamen Kesehatan Harap Puskesmas Berikan Pelayanan Maksimal

Infodesaku i Bogor - Wakil Menteri (Wamen)Kesehatan RI, Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, Ph.D mengatakan bahwa pelayanan kesehatan primer sangat penting dalam jaminan kesehatan kepada masyarakat. Hal tersebut, ia katakan saat membuka acara Seminar Ekonomi Kesehatan dengan tema Peran Puskesmas
Dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Kesehatan, Jaminan Kesehatan, MDGs dan Transisi Epidemiologi di Aula Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Kamis (19/12).
 
“Keberhasilan pelayanan kesehatan primer akan mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional, dimana akan mengurangi jumlah pasien yang dirujuk, apalagi tinggal beberapa hari lagi BPJS akan segera berlaku menggantikan PT Askes,” jelasnya.
 
Ia pun menambahkan, peran Pemerintah Daerah mempunyai peran dalam menjamin kesehatan masyarakat, diantaranya tentang regulasi dan kebijakan, anggaran pemenuhan sumber daya manusia, pemenuhan fasilitas kesehatan, pembinaan dan evaluasi.
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dengan pelayanan kesehatan primer di daerah yang baik akan mendukung pembangunan kesehatan nasional. “Dengan mengembangkan puskesmas disetiap daerah maka akan ikut mengembangkan pembangunan daerah tersebut,” bebernya.
 
Terlebih lagi, lanjut Ali, masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan dengan cepat, oleh karena itu, puskesmas di Kabupaten Bogor harus maju. Ironisnya, jumlah dokter diseluruh di Indonesia sampai saat ini masih kurang.
 
Kedepan, Ali berharap peran puskesmas lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Saya ingin kedepan masyarakat tidak perlu kerumah sakit lagi, tapi cukup ke puskesmas saja sehingga jumlah dokter harus ditambah,” tandasnya.
                                                                                                                                                                                      
Acara seminar ini turut dihadiri oleh Kepala Puskemas Kabupaten Bogor dan unsur organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. Selanjutnya, pada kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dr. Camalia W. Sumaryana juga memberikan cinderamata kepada Wamen Kesehatan.(*) 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved