Breaking News
Loading...
Minggu, 16 Maret 2014

Anak Desa Keliling Dunia Berkat Catur, Raih Beasiswa dari PT Indocement

Infodesaku | Bogor - Tak terbayangkan sebelumnya  oleh Arif Abdul Hafiz  (14 tahun) bisa keliling ke beberapa negara untuk bertanding catur membela nama  Indonesia dikancah internasional. 


Karir caturnya dimulai secara tidak sengaja pada tahun 2006 ketika usianya baru menginjak 6 tahun.

Pada saat itu, Arif memulai karirnya di kejuaraan yang cukup bergengsi, yaitu pada Kejuaraan Asia Tenggara Yunior  menggantikan kakaknya, Sumardi Saidul Ula  (beberapa waktu lalu berhasil menjadi Juara Asia antar Mahasiswa tahun 2014 di Malaysia). Pada saat itu, Sumardi harus mengikuti Ujian Akhir Nasional Sekolah Dasar.

Arif merengek  kepada orang tuanya untuk  bisa mengikuti kejuaraan tersebut. Orang tua Arif belum sepenuhnya percaya  Arif bisa mengikuti kejuaraan tersebut, mengingat Arif belum berlatih sama sekali. Arif pun melakukan  persiapan mendadak untuk turnamen pertamanya, hanya berjarak 1,5 bulan persiapan saja. Tetapi karena dia memiliki bakat, tidak sulit untuk melatihnya.

Alhasil, Arif bersama rekan-rekan pecatur lain dari Indonesia, berhasil meraih Peringkat III Beregu Catur Standar pada Kejuaraan Asia Tenggara Yunior dibawah Kelompok Umur 8 (delapan) tahun.

Berselang tiga bulan kemudian, Arif bermain di Kejuaraan Nasional pertamanya di Batam tahun 2006. Arif berhasil menjadi Juara III kelompok umur dibawah 8 (delapan) tahun.

Kemudian  Tahun 2007, Arif bermain di Kejuaraan Daerah Catur pertamanya  di Bandung. Beberapa hari sebelum  mengikuti Kejuaraan Daerah Tahun 2007, Arif harus dirawat dirumah sakit selama beberapa hari. Arif  datang ke Kejurda dengan kondisi yang masih sakit, tapi kondisi itu tidak menghentikannya untuk terus bermain. Arif berhasil keluar sebagai Juara I kelompok umur dibawah 8  (delapan) tahun  tanpa  terkalahkan, meraih enam kemenangan dan satu seri dari 7 (tujuh) babak yang dipertandingkan!!!!

Arif berhasil  meraih gelar Master Percasi di Kejuaraan Nasional Tahun 2007 kelompok umur 8 (delapan) tahun di Surabaya. Meraih  7,5  point dari  9 babak, Arif berbagi dengan Guswan Azis dari Jawa Tengah. Kedua pecatur ditetapkan meraih gelar Master Percasi oleh Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia.

Arif kemudian meraih  gelar Master Fide (level Master tingkat internasional)  di Kejuaraan Asia Tenggara Yunior 2011 di Tarakan. Arif  meraih 8,5 point dari 9 babak yang dimainkan. Arif hampir menyapu semua kemenangan!!!! Hasil seri didapatnya dibabak 9  untuk mengamankan selisih 0,5 point dari saingan terdekatnya dari Vietnam. Atas prestasinya itu, Arif diundang bertanding pada Turnamen bertajuk Asean Champions vs China Yunior  National Team  di China  tahun 2011. Di  turnamen tersebut Arif meraih peringkat IV dan terbaik diantara pecatur-pecatur Asia Tenggara.

Pada Kejuaraan Asia Tenggara Yunior Tahun 2012  di Vietnam, Arif berhasil meraih emas pada nomor catur kilat. Pada kejuaraan tersebut, Arif juga ditemani sang kakak, Sumardi Saidul Ula karena adik kakak ini berhasil menjadi Juara I  di Kejuaraan Nasional Tahun 2011  di Palembang dikelompoknya masing-masing!!

Arif juga pernah bertanding disalah satu turnamen Open di Uzbekhistan dengan hasil yang tidak terlalu mengecewakan, mengingat dia bersaing dengan pecatur-pecatur dewasa.
Saat ini, Arif,  yang tercatat sebagai siswa SMP Yayasan Indocement Puspanegara Citeureup kelas  IX – 5, menghuni   Pemusatan Latihan Nasional Yunior di Bekasi. Arif merupakan salah satu pecatur yang dipersiapkan untuk event-event bergengsi dunia dimasa depan dengan Pelatih yang didatangkan dari Russia.

“Saya bangga akan  pencapaian prestasinya, mudah-mudahan  suatu saat nanti Arif mampu bersaing dikelompok elit dunia” jelas sang Pelatih, Endar Sakti Lubis, yang juga merupakan staf Bidang Kekayaan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bogor.

Untuk terus memacu prestasinya, Arif yang bersekolah di Yayasan Indocement kini telah mendapatkan Beasisiwa dari perusahaan Raksasa tersebut. |YAS

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved