Breaking News
Loading...
Jumat, 25 April 2014

Pupuk Pulvi Plus Dorong Panen Raya di Cilangkap


Menejer dan Stas BGi serta Sujana
Siap-siap sebelum panen raya
Info Desaku | Bogor  -   Penampilan Sujana dan belasan petani lainnya tampak berbeda. Senyum mengembang, wajah berseri-seri seakan tak hilang dari wajah mereka.
Kondisi ini setali tiga uang dengan cerahnya pagi. Langit bersih terang, angin berhembus sepoi-sepoi. Dan, di pematang terhampar butiran padi bunting menguning siap panen.

Senin, 21 April 2014 kelompok tani Cilangkap II berkumpul di Kampung Cibeber, Desa Lumpang. Mereka bukan hendak merayakan Kartinian. Tapi menyambut panen raya yang di koordinir oleh PT Bio Green International sebagai pembuat pupuk Pulvi plus. Hadir dalam selamatan tersebut, Kades Lumpang dan jajarannya.

Kelompok tani Cilangkap II
Adalah Sujana yang juga ketua RT diangkat menjadi ketua kelompok tani Cilanglap II. Kelompok tani ini terdiri dari 25 petani dengan luas sawahnya adalah sekitar 35 ha. Seangkan Sujana memiliki 3 ha sawah. Berjumlah. Para petani yang tergabung di kampong Cibeber ini bersuka cita karena panen mereka berlimpah hampir dua kali lipat dari biasanya. Jika sebelumnya satu hektar menghasilkan 5 -6 ton, kini stelah menggunakan Pulvi plus mereka bisa memanen hingga 8 – 9 ton untuk satu hektar sawah.

Kelebihan lain dengan menggunakan pupuk ini adalah usia tanam padi yang singkat hanya sekitar 3 bulan 20 hari, sudah siap panen. Dengan usia yang singkat ini, maka umumnya para petani panen 2 kali setahun, dengan diselingi palawija seperti ubi rambat, kacang panjang dan kacang tanah. Tapi sayang, produksi yang bagus ini tidak dibarengi dengan system pangairan yang bagus. “sampai sekarang kami masih menggunakan tadah hujan sebagi sumber air” kata Sujana.
Ucup Priatna, Kades Lempang
memberikan bingkisan ke petani

Ucup Priatna, Kades Lumpang yang juga ikut melebur dengan warganya dalam sukuran panen raya ini merasa senang melihat panen kali ini. Dia juga mengapriasi yang sanagt besar kepada petugas penyuluhan dan petani yang telah bekerja keras.

Pupuk Organik Bio Green
Aan Surya Priya selaku ketua BKP5K (Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan menjelaskan bahwa aplikasi pupuk bio green ini adalah sebuah pruduk pembedah tanah. Jika selama ini petani banyak menggunakan urea yang berlebihan sehingga tanah menjadi sakit, kurang subur. Produk ini untuk menyuburkan tanah dengan cara alamiah, mrangsang banyak mikroba yang tumbuh sehungga cacing-cacing tumbuh bagus yang nantinya merangsang pertumbuhan.

Selain itu, Agus Wandi Manajer Eksekutif PT Bio Green International menambhankan bahwa para petani juga ditantang untuk menerapkan bercocok tanam cara legowo yaitu mendapatkan panen lebih banyak dari pada sistem yang sudah-sudah.


Dan kini, kelompok tani di Cibeber, Cilangkap telah membukatikan bahwa pemakaian pupuk yang pas bisa menghasilkan panen yang maksimal.  (David)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved