Breaking News
Loading...
Minggu, 20 April 2014

HUT ke 11 Mamuju utara dihadiri Gubernur Sulbar Dan Sekmen KDPT RI

Infodesaku | Mamuju Utara - Peringatan Hari Jadi Mamuju utara setiap Tahun di Rayakan setiap Tanggal 18 April. Dan Kabupaten Mamuju utara Hari ini berusia 11 Tahun Berdasarkan Undang Undang No 7 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Mamuju utara.
Berdasarkan Undang Undang No. 7 Tahun 2003 tersebut kecamatan Pasangkayu, Dulunya bagian dari Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Selatan. Berkat forum perjuangan pembentukan Kabupaten Pasangkayu yang saat itu direspon positif oleh Gubernur sulsel, Akhirnya Kabupaten Mamuju utara, ibukota kabupatenya bernama Pasangkayu terbentuk tanggal 18 April 2003 lalu.
Upacara Peringatan HUT Mamuju utara ke 11 Tahun di pimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat Drs.H.Anwar Adnan Saleh selaku Pembina Upacara di lapangan merdeka Kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju utara. Adapun Yang hadir dalam upacara ini seperti Sekertaris Menteri KPDT RI, Deputi Bidang Sumber daya Daerah KPDT RI, Para Bupati se-Indonesia, Forum Pimpinan daerah kabupaten Mamuju utara,Bupati dan Wakil Bupati Mamuju utara, serta seluruh perangkat daerah kabupaten Mamuju utara. begitu pula dengan mantan Bupati Mamuju utara periode 2005-2010 H.Abdullah Rasyid.juga adalah tokoh kabupaten mamuju utara.dan Para Anggota DPRD kabupaten Mamuju utara serta para tokoh masyarakat,Tokoh agama/adat juga para pimpinan SKPD, camat dan kepala desa dan para undangan.

Menurut Anwar Adnan Saleh Dalam sambutannya mengatakan sebagaimana dengan sejarah singkat yang dibacakan tadi maka pada hari ini kita bersama sama memperingati hari jadi kabupaten mamuju utara ke-11 tahun yang jatuh pada tanggal 18 April 2014, hari ini.Makna peringatan hari jadi ini agar dapat menyegarkan kembali ingatan tentang kiprah kabupaten sejak pembentukannya akan tetapi peringatan ini kita maknai juga sebagai ungkapan rasa terima kasih terhadap para pejuang pengagas pembentukan daerah ini. Dan para pejabat yang telah mampu bersama rakyat dan segala ketulusannya memimpin daerah ini sejak awal.

Diatas himpunan semangat rela berkorban, penuh ketulusan dan bekerja keras dan sekarang kita berdiri, menikmati hari hari kita yang penuh rahmat dan karunia kemuliaan ini. peringatan ini pun harus kita maknai sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada para pemimpin dan para pengagas dan pejuang bersama rakyat sehingga kabupaten mamuju utara ini bisa berdiri dengan apa yang kita saksikan saat ini.

Sebagaimana sejarah singkat tadi lahir atau sengaja dilahirkan, sengaja diperjuangkan untuk dapat memenuhi persyaratan pembentukan sebuah provinsi baru, yaitu provinsi sulawesi barat. sebelumnya kita mekarkan Kabupaten polewali mamasa menjadi kabupaten polewali mandar dan kabupaten mamasa.mewarnai pergerakan pergerakan pada saat itu, bahkan ancaman untuk pindah bergabung dengan kabupaten lain atau provinsi lain.apabila kedua kabupaten ini tidak diloloskan menjadi pemekaran kabupaten baru. Mamasa mengancam akan bergabung dengan kabupaten tanah toraja, Pasangkayu mengancam akan bergabung dengan provinsi sulawesi tengah, ini semua mendorong para pejuang termaksud H.Anwar adnan saleh sebagai saksi sejarah atau pelaku sejarah kita menyatukan tekad untuk membentuk kabupaten baru di kedua kabupaten tersebut. sehingga terbentuk provinsi ke 33 yaitu provinsi sulawesi barat.

Kabupaten Mamuju utara lahir lebih dahulu dari pada provinsi sulawesi barat, begitupula dengan kabupaten mamasa. Namun menjadi catatan sejarah bahwa hari ini kita warga sulawesi barat dulunya 5 kabupaten sehingga sekarang ini sudah ada 6 Kabupaten. telah mampu berdiri bersama sama, berdiri sama tinggi, duduk sama rendah membangun daerah ini sehingga kita bisa berada seperti sekarang ini.sehingga hampir sama dengan saudara saudara kita dengan provinsi llain di indonesia.

Kemajuan dan perkembangan kabupaten mamuju utara dibandingkan dengan 11 tahun yang lalu, kita patuh apresiasi karena daerah ini mempunyai daya tarik yang luar biasa, karena daerah ini bisa membangkitkan kerinduan orang luar yang luar biasa, datang ddan bermukin di daerah kabupaten mamuju utara. hal ini terbukti bahwa pada awal pembentukan provinsi ini penduduknya baru hanya 60.000 jiwa saat ini diusianya yang ke 11 ini penduduknya melebihi diatas 200%.dan sekarang menjadi 214.000jiwa ini adalah fenomena membuktikan bahwa daerah ini, kabupaten ini, memiliki daya tarik yang luar biasa sekaligus memiliki daya saing yang sangat kuat

Sulawesi barat yang merupakan provinsi yang ke 33 dan kabupaten mamuju utara ini adalah pecahan dari kabupaten mamuju disamping telah memiliki jumlah penduduk yang luar biasa dan ini menjad tantangan bagi pemerintah daerah kabupaten mamuju utara dan kita juga menyaksikan dengan pertambahan penduduk yang begitu cepat dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi yang spektakuler dan menjadi pertumbuhan ekonomi tertinggi dari semua kabupaten di indonesia 16% jumlah pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju utara. penurunan angka kemiskinan dan kita akan berjuang bersama sama agar dapat kita turunkan sebagaimana penurunan kemiskinan tingkat provinsi sulawesi barat.

Penetapan hari jadi kabupaten mamuju utara akan menjadi catatan sejarah bagi siapapun pemimpin daerah ini, hari ini dan yang akan datang akan menjadi tongak sejarah bagi siapapun yang telah berbuat dan memberikan darma bahktinya baik yang mengagas atau yang memperjuangkan kabupaten ini maupun setalah kabupaten ini mampu berdiri sejajar dengan kabupaten lain se-indonesia oleh karena itulah pada saat peringatan hari jadi ini, dari kepemimpinan pemerintahan di provinsi sulawesi barat sudah masuk periode kedua dan anwar berpesan kepada semua warga sulawesi barat khususnya kabupaten mamuju utara bahwa terus bersama sama, membangun sinergi dengan pemerintah provinsi dengan membangun sinergi dengan pemerintah kabupaten yang lain. sekaligus membangun sinergi dengan kabupaten tentangga provinsi sulawesi tengah dengan harapan kedepan kabupaten mamuju utara terus mengukir prestasi dan terus mengukir keberhasilan sehingga mampu bangkit dan terus bangkit mendorong pertumbuhan ekonomi mempertahankan pertumbuhan ekonoomi dan menurunkan angka kemiskinan dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat kabupaten mamuju utara. (ANDI Y)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved