Breaking News
Loading...
Kamis, 26 Juni 2014

Depok Berpeluang Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Infodesaku | Depok - Mendapat penilaian terkait penghargaan Wahana Tata Nugraha yang diserahkan langsung oleh Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor selaku Tim Penilai dari Pemerintah Pusat, Ir. Dewanto Purnacandra kepada Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il pada Selasa (24/06/2014) bertempat di Aula lantai 5, Balaikota Depok.

Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat atas kinerja terhadap masalah-masalah transportasi yang ada di kota, kabupaten maupun provinsi. Wahana Tata Nugraha hampir sama dengan Penghargaan Adipura yang didalamnya terdapat kriteria penilaian. Penilaian tersebut mencakup beberapa tahap, diantaranya administrasi, perencanaan, aturan, kelembagaan, sarana dan prasarana.

Hadir dalam acara tersebut, para Kepala OPD, asisten, staf ahli, Camat, Lurah, Tim Penilai dari Pusat Ir. Dewanto Purnacandra, Tim Penilai Provinsi Topan T. Widia, Akademisi Heru Handoko, Kasatlantas Kompol Kristanto serta tamu undangan.

Maksud pelaksanaan penghargaan Wahana Tata Nugraha yaitu tercapainya peningkatan kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan, dalam rangka mewujudkan sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, ramah lingkungan dan menjamin kesetaraan hak pengguna jalan.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha ditujukan untuk 1. Membina Pemerintah Daerah Provinsi dan  Kabupaten/ Kota dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan pelaksanaan sistem transportasi dikawasan perkotaan; 2. Memfasilitasi Pemerintah Daerah Provinsi dan  Kabupaten/ Kota dalam meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan untuk mewujudkan sistem transportasi perkotaan yang handal, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan; 3. Mendorong peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan disiplin berlalu lintas dijalan, sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.
Dalam sambutannya, Wali Kota Depok mengucapkan terima kasih kepada Tim Penilai Pusat yang telah melakukan evaluasi penilaian kinerja Dinas Perhubungan di Kota Depok melalui beberapa tahapan dan sekarang masuk tahapan ke tiga. Banyak catatan yang harus diperbaiki diantaranya kualitas kenyamanan, keamanan pengguna jalan, lingkungan bersih. Jika pengguna jalan tertib akan merasa dihormati hak-hak pengguna jalannya.

“Kami selalu berupaya menyempurnakan fasilitas. Tugas kami bagaimana agar jalanan yang rusak dan fasilitas lainnya cepat dibenahi,” tandas Mantan Menteri Kehutanan dan Perkebunan itu.
Beliau juga berharap agar lurah dan camat dapat menyelesaikan masalah pendisiplinan terhadap PKL dan  perlu dilakukan kordinasi sungguh-sungguh dari aparat. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu untuk memperbaiki kinerja masing-masing OPD terkait. |ANDRIAN JN

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved