Breaking News
Loading...
Sabtu, 07 Juni 2014

Ketahan Linmas Singasari Jonggol Harapkan Linmas Yang Muda dan Berani

Infodesaku | Bogor - Dengan luas lahan 1.600 ha lebih, Teritorial luas wilayah Desa Singasari merupakan desa terluas di Kecamatan Jonggol, Kabupaten bogor.

Karenanya, untuk menjaga ketentraman di wilayah Desa Singasari, Pemerintah Desa Singasari yang dipimpin oleh I Sujana Cakra SE selaku kepala desanya, memperbanyak satuan anggota Linmas menjadi 32 anggota, dan uniknya ada anggota linmas dari kaum perempuan yang turut serta ikut aktif dalam kesatuan anggota Linmas Desa Singasari. 

Selain menambah anggotanya, faktor penunjang anggota linmas di Desa Singasari juga dilengkapi. Gedung 
Poskamdes (pos keamanan desa) yang sudah berdiri sejak Juli 2013 lalu, ditata sedemikian rupa, sehingga anggota linmas bisa merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya. 

Seluruh anggota linmas juga dilengkapi dengan Alat komunikasi berupa pesawat telekomunikasi yang lebih 
dikenal dengan sebutan HT. dengan begitu, diharapkan terjalinnya  komunikasi  yang  aktif  sehingga  dapat  mempermudah menjaga keamanan wilayah Desa Singasari.

Tidak hanya sampai disitu, Sebuah kendaraan roda empat, berupa mobil pick up juga ikut disulap menjadi 
kendaraan operasional Linmas.Sebanyak 6 anggota linmas ditugaskan untuk berjaga disetiap  malamnya,  dengan  begitu  diharapkan  hal-hal yang  tidak  diinginkan  di  wilayah  Desa  Singasari  bisa  diminimalisir. Ucap I Sujana.

“Keberadaan pasukan linmas yang diprakarsai oleh Cakra sangat membantu, peran aktif linmas saat ini begitu terlihat dan mudah-mudahan bisa seterusnya,” ucap Didin (37) salah satu warga Desa Singasari. Didin juga mengatakan, dulu sebelum Linmas Desa Singasari aktif seperti sekarang, pernah terjadi beberapa kasus kehilangan seperti, kehilangan Sapi, Kambing dan Motor, namun sekarang dengan kesigapan serta peralatan yang mendukung wilayah Desa Singasari bisa jauh lebih kondusif.

Pelda Noerman Babinsa Desa singasari merupakan instruktur pada pelatihan kegiatan linmas seperti baris berbaris, real taktis menembak, dreal ring dapat mengetahui sikap menembak, tujuannya untuk mempersiapkan ketahan wilayah ditingkat masyarakat desa.

Sebetulnya kegiatan pengetahuan dibidang ketahan wilayah tersebut bukan hanya untuk aparat toritorial Atau linmas, melainkan untuk pelajar, ormas, dan masyarakat pada umumnya. Sehingga jiwa nasionalisme 
untuk mempertahankan dan menjaga NKRIl tetap berkobar. Ucap Pelda Norman dengan tegas.

Diwaktu berbeda, Linmas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor melakukan penilaian lomba Poskamdes dan Linmas se-Kabupaten Bogor. Sarana Prasarana (kelayakan bangunan) kerapihan, administrasi, alat komunikasi serta kebersihan menjadi kriteria penilaian.

Sekiranya penilaian ini semata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dibidang keamanan khusunya tentang Linmas. Dengan koordinasi yang baik yang terorbanisir, adanya linmas sangat membantu masyarakat dari berbagai kemungkinan terburuk. Mudah-mudahan dengan lomba ini dapat meningkatkan peran serta Linmas dan masyarakat kedepannya. Ucap I Cakra Sujana SE. Ia berharap jika Linmas kedepan, bukan lagi para orangtua yang sepuh, tetapi linmas masa depan adalah linmas yang muda dan berani.

Bantuan  dari  Pemkab  Bogor  tidak  lebih  dari  1.8  juta rupiah/tiga bulan, dan itu dirasa sangatlah kurang, maka tak heran I Cakra Sujana harus merogoh kocek pribadinya sendiri.  | ABDI/GILANG

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved