Breaking News
Loading...
Selasa, 01 Juli 2014

Nur Mahmudi Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan di Bulan Ramadhan di Kota Depok Aman

Infodessku | Depok - Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Isma’il melakukan Talkshow dengan salah satu stasiun radio swasta Pop FM terkait Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok di Bulan Ramadhan, pada Senin (30/06/2014) pagi tadi.

Siaran yang berdurasi 60 menit ini dibawakan oleh penyiar cantik Milly dan Wali Kota ditemani oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Nur Azizah Tamhid yang juga istri dari Wali Kota serta Agus Suherman selaku Kepala Disperindag Kota Depok.

Dalam siarannya, Mantan Menteri Kehutanan dan Perkebunan di Era Abdurrahman Wahid ini menyampaikan pesannya terhadap masyarakat sebagai konsumen pasar, agar tidak berbelanja secara boros.  Karena selain mubazir, barang yang ada di pasar tidak akan habis dan masih dapat dibeli dikemudian hari. Pemerintah juga senantiasa memberikan informasi bahwa bahan pangan ini akan tetap tersedia selama bulan ramadhan bahkan sampai pasca Idul Fitri.

Bahan pangan utama selain beras padi dapat juga menjadi sumber alternatif pilihan dikala harga pangan sedang naik contohnya seperti umbi-umbian, singkong, tales, sagu, jagung, dll yang tentunya selain mudah, murah, sehat juga bergizi tinggi. Pemerintah terus melakukan gerakan diversifikasi makanan yang sering dikenal dengan gerakan One Day No Rice (ODNR), yaitu dengan mengurangi sumber karbohidrat seperti beras dan menggantinya dengan umbi-umbian yang tidak mengurangi nilai gizinya.

“Dalam melakukan sosialisasi mengenai pangan ini, terdapat beberapa kendala utama diantaranya ketidakpahaman secara sempurna masyarakat mayoritas, oleh karena itu kita terus menerus menyosialisasikan, melakukan propaganda, seminar, dll,” tandas Wali Kota.

Senada dengan hal tersebut, Kadisperindag Agus Suherman akan menggelar pasar murah di 11 Kecamatan di Kota Depok. Diharapkan dengan adanya pasar murah ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerja sama dengan Ketua TP PKK Nur Azizah Tamhid dan telah dilakukan pada 26 juni yang lalu di Kelurahan Bedahan.

“Tersedia 350 paket sembako, yang jika dijual bernilai 50 ribu, namun di pasar murah ini kita kenakan setengah harga yaitu 25 ribu perpaket. Isinya antara lain seperti Minyak, tepung mocav, gula, susu, telur, dll,” ujar Suherman.

Kedepan, Pasar murah ini dilaksanakan pada minggu ke 2 dan tiga dibulan Juli. Bertempat di 63 Kelurahan yang nantinya dipilih langsung oleh Kecamatan setempat.

Di akhir talkshow, Wali Kota Depok berpesan agar warga memanfaatkan fungsi pekarangannya untuk menanam kebutuhan pangan sendiri seperti menanam cabe, bumbu dapur dan sayuran sehingga tidak terpengaruh dengan kenaikan harga. | ANDRIAN JN

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved