Breaking News
Loading...
Jumat, 22 Agustus 2014

Desa Kirisik, Patut Jadi Desa Percontohan

Indonesiaku | Sumedang - Desa Kirisik yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Majalengka, letak geografis yang strategis sekalipun
lumayan jauh dari keramaian kota, tapi tidak menjadi surut dalam mengelola desanya untuk mencapai kemajuan yang ditunjang dengan infrastruktur jalan yang sudah tertata rapi sehingga memudahkan akses bagi pengguna jalan.

Eksistensi sosok Kepala Desa yang tidak pernah mengenal lelah demi kemajuan dan kesejahteraan Masyarakatnya. W. Papat Hidayat Kepala Desa Kirisik Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang saat ditemui Infodesaku menuturkan tentang keberhasilan yang sudah diraih selama Kepemimpinannya tidak luput dari dukungan Masyarakat yang telah banyak memberikan kontribusi positif.

Berkat jerih payah dan konsekuensi dalam menyerap informasi yang dibarengi dengan tindak lanjut Papat Hidayat sudah banyak menyelesaikan pekerjaan diantaranya pembangunan pasar, satu-satunya pasar semi modern yang terletak di Desa Kirisik dan belum ada baik di tingkat Kecamatan yang lain di Kabupaten Sumedang.

Dana Rp. 900.000.000,- yang digelontorkan dari dana APBN melalui Dinas Koperasi sebagai perwujudan yang nyata sehingga Desa Kirisik memiliki Pasar meskipun kegiatan jual beli di pasar semi modern tersebut belum optimal setidaknya masyarakat bisa berdagang dan mendorong majunya ekonomi kerakyatan dan tentunya menambah perolehan asset Desa.
Pasar Kirisik yang memiliki fasilitas 20 kios dan 48 lapak diperuntukkan untuk pasar sandang, pangan dan yang lainnya. Termasuk pusat sayuran yang kebanyakan penjualnya dari Kabupaten Majalengka.

Pasar yang dikelola secara mandiri oleh Desa dengan sistem retribusi yang dipungut seminggu sekali dengan tarif Rp. 2.000,- per hari. Jelas sangat menguntungkan bagi pedagang ujar Papat Hidayat, dan tidak membebankan bagi pedagang, saat ini kegiatan pedagang hanya dilakukan dua kali dalam seminggu yaitu pada hari Jum’at dan Sabtu, kecuali untuk pedagang sayur aktivitas hampir dilakukan setiap hari.

Diharapkan kios-kios yang masih kosong dapat terisi dengan segera bagi masyarakat setempat. Pembangunan Desa lainnya yang sudah digarap diantaranya Rutilahu (Rumah Tinggal Layak Huni) yang selesai dibangun pada tahun 2013, bahkan dijadikan percontohan, pembangunan infrastruktur jalan, infrastruktur penerangan, yang terdiri dari 23 tiang untuk menerangi 2 blok hampir 40 rumah tinggal.


Selama kepemimpinannya sampai sekarang Alhamdulillah tidak ada kendala dan semuanya lancar. Mengomentari tentang rencana bantuan anggaran yang berjumlah sangat besar, hampir 1.4 M, Papat Hidayat menyambut gembira mudah-mudahan Desa Kirisik lebih maju dari Desa yang lain. Sekalipun desa kami terletak di perbatasan Kabupaten Majalengka, tapi semua itu tidak menjadi kendala dalam membangun Desa dan demi kemajuan masyarakatnya
| R. Syani/M. Yusuf.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved