Breaking News
Loading...
Minggu, 28 September 2014

Perhutani Sosialiasikan Penanam Pohon di Tenjo


Infodesaku | Tenjo, Bogor
Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang ditetapkan sebagai paru-paru dunia. Keberadaan hutan tropis yang luas menjadi saringan karbon dioksida atau partikel-partikel racun lainnya untuk kebersihan udara. Banyak upaya telah dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hutan.


Perhutani, sebagai BUMN yang memiliki tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan perencanaan, pengurusan, pengusahaan dan perlindungan hutan di wilayah Indonesia selalu intens mensosialisasikan program kerjanya. Yaitu melalui Pengelolaan sumberdaya hutan bersama masyarakat (PHBM). Seperti yang telah dilakukan pada Selasa, 9 September 2014 di kecamatan Tenjo.

Sosialisasi penanaman ini diikuti dari PHBM se kecamatan Parungpanjang, Tenjo dan Jasinga. Dengan peserta sekitar 80 orang. Selain itu, juga hadir sejumlah Kepala Desa dari ketiga kecamatan tersebut.  Dalam arahannya, Soma Sudarmana selaku Asper Parungpanjang mengajak semua masyarakat yang tergabung dalam PHBM agar sama-sama memadukan aspek-aspek ekonomi, ekologi dan sosial secara proporsional dan professional.  Selain itu, Soma juga mengingatkan para anggota PHBM jika melaksanakan tumpang sari agar memilih tanaman yang cocok. “Pilihlah lengkuas. Jangan singkong, karena banyak menyerap unsur  hara”


Dalam kesempatan lain, Kompol Nur Ichsan sebagai Kapolsek Parungpanjang menghimbau agar semua pihak memahami Undang-undang dan peaturan-peraturan  agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terutama dalam sengketa lahan. Hal ini bisa saja terjadi mengingat luas lahan PHBM Parungpanjang yang 5.365,24 ha hanya dikelola oleh 62 orang. Walaupun begitu, semoga Perum Perhutani mampu mengusahakan pelayanan bagi kemanfaatan umum dan sekaligus memupuk keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan. | David S

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved