Breaking News
Loading...
Rabu, 26 November 2014

GERAKAN SAYANG IBU DAN BAYI



Infodesaku | Japah - Bpmpkab Kabupaten blora bertempat di pendepo kecamatan Japah, Kabupaten Blora Jawa Tengah bekerja sama dengan PKK kecamatan Japah sedang mengiatkan ibu kader PKK di kecamatan Japah Untuk meningkatkan Kesadaaran Gerakan Sayang Ibu dan Bayi ( GSIB ).
Gerakan Sayang Ibu dan Bayi (GSIB) adalah Suatu Gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat, bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan Anak / bayi , dalam upaya penurunan Angka kematian Ibu ( AKI ) Karena Hamil melahirkan dan Nifas serta penurunan angka kematian bayi.
“Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak, akan tetapi pada saat ini kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat. Tidak ketinggalan  PKK di tingkat desa, sehingga peran aktif Pkk ini dapat membawa dampak dalam meningkatkan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi ini juga “ Ujar Darwanto BPMPKB dari Tim Poja IV ( Rabu 26/11 ).
“ Karena melalui GSI diharapkan akan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi, beberapa sebab kematian ibu dan bayi yang menonjol disebabkan oleh : pendarahan, eklamsia (keracunan kehamilan), infeksi, penanganan abortus yang tidak aman dan partus (Persalinan) yang lama. Angka kematian ibu dan bayi yang tinggi juga disebabkan oleh adanya hal-hal diluar medis seperti kurang adanya kesetaraan gender, nilai budaya di masyarakat yang merendahkan perempuan” . Lanjutnya

Diharapkan langkah – langkah tersebut merupakan langkah preventif untuk menekan angka kematian ibu. Oleh sebab itu program Gerakan Sayang Ibu kali ini, diharapkan menjadi momentum untuk memperhatikan dan memprioritaskan peningkatan gizi pada ibu hamil. Harapannya ”Ibu Sehat, Anak Sehat, Bangsa Kuat“ dapat terwujud segera Ungkap Ny. Lis Kiswoyo Ketua Tim PKK kecamatan Japah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved