Breaking News
Loading...
Selasa, 20 Januari 2015

GERAKAN MASYARAKAT MEMBANGUN DESA (GEMA BANGSA) PROGRAM ANDALAN DESA KALUKU NANGKA


INFODESAKU | Pasangkayu,Matra.Sebagai masyarakat yang baik, adalah masyarakat yang berperan aktif dalam mengawal jalannya pemerintahan.Selain mengkritisi para Aparat pemerintah masyarakat juga wajib memikirkan kondisi desa dan menciptakan inovasi untuk kepentingan umum, sebagai bentuk masyarakat yang kreatif.

Demikian halnya warga desa kaluku nangka kecamatan bambaira, untuk memacu pembangunan infrastruktur di wilayahnya, Pemerintah Desa Kaluku Nangka membuat program Gema Bangsa ( Gerakan masyarakat membangun Desa) yang berorientasi untuk merintis  pembangunan dan pembukaan jalan tani di tingkat Dusun.dengan adanya program tersebut, juga mehidupkan rasa solidaritas dan semangat gotong royong demi mencapai tujuan bersama untuk kepentingan khayak luas.  

Program yang dilaksanakan pada akhir pekan setiap hari sabtu, dimana kegiatannya dilakukan bergiliran dalam disetiap Dusun  yang melibatkan seluruh Aparat Desa, anggota BPD dan Masyarakat setempat. Desa Kaluku Nangka merupakan satu-satunya Desa yang mencetuskan program ini, dan hal ini mendapatkan respon positip dari Pemerintah Daerah kabupaten mamuju utara.

Kades Kaluku nangka Nurdin M yang ditemui dikediamannya menuturkan bahwa, “program Gema Bangsa terebut merupakan mufakat dari musyawarah warga”. Wargapun antusias untuk mengaktualisasikan hasil musyarah mereka
Kepala desa yang dilantik awal tahun lalu itu sangat mengharapkan pelaksanaan  program gema bangsa terus berkesinambungan. pasalnya, selain untuk membuka jalan tani dan sebagainya, sekaligus program ini sebagai wadah untuk mempererat tali silaturrhami sesama manusia.

Program yang merupakan inovasi masyarakat desa kaluku nangka itu mendapat apresiasi dari Pemkab mamuju utara. Bupati juga menghimbau  kepada Desa-Desa lain untuk mengadakan program seperti di Desa Kaluku Nangka tersebut". Atas partisipasi masyarakat, Nurdin sangat bersyukur karena  desanya bisa menjadi panutan  bagi desa lainnya untuk melaksanakan program yang serupa". (A.Asw/Ahmad.A)

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved