Breaking News
Loading...
Selasa, 06 Januari 2015

Pemberdayaan Lansia Bawa Kelurahan Depok Jaya Juara Pertama Lomba Kelurahan

Infodesaku | Depok
Melalui program unggulan pemberdayaan Lanjut Usia (Lansia), Kelurahan Depok Jaya Kecamatan Pancoran Mas berhasil menyabet juara pertama Lomba Kelurahan tingkat Kota Depok tahun 2014.
Depok Jaya berhasil mengalahkan dua pesaingnya yaitu Kelurahan Leuwinanggung Kecamatan Tapos dan Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya.
“Alhamdulillah kami berhasil meraih jura pertama, hal ini berkat kerja keras dan kerja sama yang solid yang kami lakukan,” ujar Lurah Depok Jaya, Ahmad.

Alumni STPDN ini menjelaskan program pemberdayaan Lansia dipilih karena dari 22 ribu penduduk Depok Jaya ada sekitar 4 ribu jiwa yang masuk usia Lansia atau sekitar 20 persennya. Kondisi Lansia yang ada sebagian besar pensiunan PNS, wartawan, dan tentara.

“Potensi yang sudah ada langsung kami wadahi dan fasilitasi sehingga para Lansia di Depok Jaya lebih berdaya sehingga menghasilkan Lansia yang tangguh dan produktif,” lanjut Ahmad.

Untuk sisi pemberdayaannya, kesehatan para Lansia dioptimalkan mengikuti Posbindu yang diadakan tiap sebulan sekali. Selain itu di Depok Jaya juga sudah rutin mengadakan senam lansia, dan pemeriksaan kesehatan. Dibidang ekonomi dikembangkan usaha pembuatan Dendeng dari daun belimbing. Serta sudah terbentuk kelompok seni vocal, karawitan, dan keroncongan.

Sementara itu, ada tujuh indikator penilaian yang menjadi bahan evaluasi dalam penilaian Lomba Kelurahan yakni pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa dan kelurahan, lembaga kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga terkait realisasi 10 program pokok PKK. Penilaian diambil dari data pelaksaan kerja kelurahan antara 2012 sampai 2013. | INDES

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved