Breaking News
Loading...
Kamis, 26 September 2013

Puluhan Ribu Pohon Akan Hiasi Waduk Ria Rio

INFODESAKU.COM-JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mencanangkan penghijauan di Waduk Ria Rio, Kamis (26/9). Rencananya, secara bertahap, di waduk seluas 25,8 hektar itu akan ditanami sekitar 10 ribu pohon dari berbagai jenis. 

Tak hanya penghijauan, untuk menarik dan membuat betah para pengunjung, Pemprov DKI juga menyiapkan berbagai fasilitas taman kota. Selain pepohonan seperti kelapa sawit, palem dan trambesi, rencananya juga akan dipasang puluhan bangku taman, opera theatre serta fasilitas Wi-Fi. Tak hanya itu, tempat parkir yang dapat menampung 10 ribu kendaraan juga disiapkan. Buce Ishak, salah satu perwakilan warga menuturkan, pihaknya mengapresiasi usaha Pemprov DKI dalam merevitalisasi Waduk Ria Rio. Pada kesempatan itu, Buce juga sempat menceritakan bagaimana kondisi air di Waduk Ria Rio sekitar tahun 1970. "Tahun 1970-an, air waduk ini bersih dan bening. Bahkan, dasar waduk pun terlihat karena bersihnya air. Tapi pada tahun 1997, waduk meluap dan membanjiri pemukiman selama tiga hari. Selanjutnya pada tahun 2002 lalu juga begitu," ujar Buce, Kamis (26/9).

Karenanya, Buce berharap setelah dilakukan revitalisasi dapat membuat wilayah pemukiman sekitar Waduk Ria Rio terbebas dari banjir. "Kita sebagai warga juga berjanji, untuk menjaga kebersihan waduk. Paling tidak kita akan menjaga sampah agar tidak masuk ke dalam waduk," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku, saat kali pertama mengunjungi Waduk Ria Rio enam bulan lalu, kondisinya dipenuhi oleh tanaman eceng gondok. "Tapi, sekarang walaupun revitalisasi belum selesai sudah terlihat seperti waduk. Mudah-mudahan ini bisa dijadikan sebagai tempat rekereasi warga, bisa untuk sebagai penampungan air," ucapnya.

Mantan Walikota Surakarta ini memprediksi revitalisasi Waduk Ria Rio akan selesai dalam jangka waktu satu setengah tahun. Sedagkan untuk taman di sisi barat akan rampung pada Desember tahun ini.
 
 
Reporter: budi 
Sumber: beritajakarta.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved