Breaking News
Loading...
Kamis, 26 September 2013

"Basuki T Purnama" Pantai di Jakarta Kondisinya Memprihatinkan

INFODESAKU.COM-JAKARTA-Pencemaran laut dan pantai di Jakarta saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Bahkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, menilai reklamasi pantai dilakukan tanpa izin dari Pemprov DKI Jakarta. Untuk mengatasi kerusakan yang semakin parah, Pemprov DKI berencana membangun pelabuhan dan pulau sendiri. Dengan begitu, Pemprov DKI akan lebih mudah menata lingkungan, termasuk mengatasi penurunan permukaan tanah. 
"Pelabuhan laut kita ini satu persen pun kita tidak punya (saham), bahkan pelabuhan-pelabuhan membuat reklamasi tanpa izin kami. Ini sesuatu yang berbeda, kita mau minta saham juga dari pemerintah pusat. Kalau tidak, kami akan membangun pelabuhan sendiri, kalau begitu caranya," tegas Basuki, usai menghadiri pertemuan dengan Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa lalu (24/9).
Basuki menambahkan, salah satu cara menangani pencemaran laut yang terjadi saat ini di DKI Jakarta adalah dengan cara membuat pantai baru yang juga berfungsi sebagai penahan penurunan muka tanah. Kesimpulan itu didapat setelah ia mendapat masukan dari Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb. 
“Jadi, dikasih tahu sama kita ke depan kalau mau menyelesaikan pencemaran laut satu-satunya cara adalah dengan membuat pantai baru. Dikeruk dan ada laut baru yang lebih bersih, ini semua dikepung, dikelola dan limbahnya juga dikelola dengan baik,” ujarnya.
Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb, sendiri telah melakukan pertukaran pengetahuan antara Pemerintah DKI Jakarta dengan kota yang dipimpinnya. Kerjasama itu berfokus pada perencanaan tata ruang untuk pengembangan pelabuhan dalam kaitannya dengan revitalisasi perkotaan, ekonomi, infrastruktur, dan banjir.
"Mungkin bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh Rotterdam," tandasnya. 
Reporter  : lopi
Sumber : beritajakrta.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved