Breaking News
Loading...
Selasa, 17 Desember 2013

Dubes Austria: Pemerintah Indonesia Jangan Ragu Subsidi Petani

Infodesaku I Bogor - Pemerintah Indonesia tidak perlu ragu untuk memberikan subsidi kepada para petani, sebab Austria pun melakukannya. Sebagai salah satu negara maju, Austria masih memberikan subsidi kepada para petaninya. Subsidi pun tidak harus terfokus pada food (tanaman pangan), tetapi juga bisa dalam bentuk pertanian yang eksotis atau khas.

“Meskipun termasuk salah satu negara maju, Pemerintah Austria pun merasa subsidi masih dibutuhkan petani. Oleh karena itu, Indonesia tidak perlu ragu-ragu memberikan subsidi kepada para petaninya”, kata Andreas Karabaczek, Duta Besar Austria untuk Indonesia dalam acara Ambassador Forum yang diadakan Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP) Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Senin (16/12/2013).

Dalam forum yang bertemakan Improving Institusional Aspect of Small Holder Agriculture ini, Andreas menekankan pentingnya keberpihakan negara kepada petani. Negara, sebagai suatu institusi harus memiliki aturan dan kebijakan yang melindungi petani dan sektor pertaniannya. Ketika pasca perang dunia kedua, Austria adalah negara yang sulit pertaniannya dan menghadapi ancaman kelaparan. Tetapi sekarang negara Austria menjadi negara yang sangat maju sektor pertaniannya.

“Hal ini dikarenakan Pemerintah (Austria) peduli dengan petani kecil dan melindungi pertaniannya agar terus berkembang”, terang Andreas.

Senada dengan Andreas, Sugiharto Soeleman, mahasiswa S3 IPB yang juga turut menjadi pembicara dalam forum ini pun mengatakan bahwa petani Indonesia sebagai Smallholder Agricultureharus memiliki sistem kelembagaan perekonomian yang kuat, dan dapat dilakukan dengan membentuk koperasi.


“Koperasi yang dibangun harus yang bottom to up (dari bawah ke atas), bukan dari atas ke bawah. Di Austria koperasi tumbuh dan mensejahterakan petani, harusnya di Indonesia juga bisa!”, pungkas Sugiharto.(bcb)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved