Breaking News
Loading...
Kamis, 08 Mei 2014

Ambassador Forum: IPB dan Kedutaan Besar Australia

Infodesaku | Bogor - IPB kembali menggelar "Ambassador Forum" pada Kamis (08/05/2014) di Kampus MB-IPB Baranang Siang. Forum ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (DKSKP) IPB dengan tujuan saling berbagi ilmu dan pengetahuan dengan beberapa duta besar dan perwakilan dari berbagai negara.




Pada Ambassador Forum kali ini, menghadirkan perwakilan dari Australia, yaitu Prof. Paddy Nixon (University of Tasmania), Prof. Roger A Leigh (University of Adelaide), Prof. James Dale (Queensland University of Technology). Sementara dari IPB, hadir Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis IPB, Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec.
“IPB memiliki mahasiswa dari berbagai provinsi yang belajar disini untuk meningkatkan pembelajarannya pada bidang pertanian, maka dari itu Indonesia harus mampu bersaing dalam bidang ini", Kata Hermanto dalam sambutannya.
Rangkaian forum ini dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama diisi oleh Prof. Paddy Nixon yang berbicara terkait publikasi penelitiannya dalam bidang sensor dengan tema The Sensing of Tasmania Project (Sense-T). Paddy menciptakan satu sensor yang diberi nama Sense-T, dimana sensor ini dapat digunakan dalam bidang pertanian (Agriculture), budidaya perairan (Aquaculture), dan Transportasi rantai dingin.
Materi kedua oleh Prof. Roger Leigh dengan tema Improving Plant Nutrition Using Both Plant and Soil-Based Approaches.  Prof. Roger Leigh menjelaskan bagaimana pentingnya dalam meningkatkan nutrisi pada jaringan tanaman, karena ia ahli dalam bidang analisis fisiologi nutrisi jaringan.
Materi terakhir diisi oleh Prof. James Dale dari Queensland University of Technology yang membahas penelitiannya dengan tema Banana Crops. Menurutnya, pisang merupakan satu dari sepuluh besar tanaman yang ada di berbagai belahan dunia. Tanaman terbesar diperingkat pertama adalah tanaman jagung. Produksi terbesar tanaman pisang yang pertama berada di India dan kedua di Uganda. Sedangkan Indonesia berada dalam peringkat ketujuh. (Fatma)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved