Breaking News
Loading...
Kamis, 10 Juli 2014

Wali Kota Depok Panen Hasil Arboretum Pangan

Infodesaku | DEPOK - Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Isma’il memanen hasil tanaman pangan di Lahan Rumah Potong Hewan (RPH) Tapos, Depok yang juga sebagai arboretum tanaman pangan, pada Kamis (10/07/2014).

Hadir mendampingi Wali Kota, Ketua TP PKK Kota Depok Nur Azizah Tamhid, Sekretaris Daerah Etty Suryahati, Kadistankan, Kepala OPD, Camat serta Lurah.

Sejak dulu, Depok bercita-cita untuk membangun taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang didalamnya ditanami aneka jenis tanaman asli Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan masyarakat Indonesia supaya dapat melihat aneka tanaman dari Sabang sampai Marauke. Cita-cita tersebut perlahan-lahan mulai terwujud dengan berdirinya taman arboretum pangan ini.

Mantan Menteri Kehutanan dan Perkebunan itu mengatakan, arboretum adalah definisi ilmiah dari upaya untuk melakukan penanaman yaitu memindahkan tanaman dari tempat asalnya ke tempat lain untuk tujuan penelitian, konservasi, kepentingan pembangunan taman, dan masalah wisata. Kata lain arboretum adalah taman botani.

Taman ini merupakan satu-satunya taman arboretum pangan yang Insya Allah akan diperluas di beberapa titik. “SMA 10 sedang mengembangkan tanaman-tanaman lain, pada waktu yang sama kita sedang menginventaris sekolah-sekolah untuk menanam yang juga demi kepentingan pendidikan,” tandas Nur Mahmudi.

Ada delapan jenis aneka tanaman pangan di taman arboretum ini yaitu jagung, singkong, pisang, ubi, talas, sorgum, ganyong dan kentang. Dengan sabar Wali Kota mencangkul tanah untuk mengambil ubi dari akarnya, tidak disangka panen ini membuahkan hasil yang memuaskan dengan keadaan ubi yang masak dan segar. 

Hasil pesta panen ini dapat dibawa pulang dengan terlebih dahulu ditimbang. Beliau juga meminta UPT Pendidikan dan Camat yang hadir dalam acara ini, diharapkan mampu menyerap ilmu untuk membuat arboretum di tempatnya masing-masing. | ANDRIAN JN

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved