Breaking News
Loading...
Senin, 22 September 2014

BKP5K Berikan Pelatihan Pada Kelompok Tani Pembudidayaan Jambu Kristal dan Pepaya Kaliforan

Infodesaku | Sukaraja, Bogor - BKP5K (Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan) Kabupaten Bogor mengadakan penyuluhan pelatihan Jambu Kristal dan Pepaya Kaliforan di Aula Kantor Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.
Pelatihan berlangsung selama dua hari (16-17/09) dihadiri oleh, para kelompok tani perwakilan dari 6 Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Tujuan Pelatihan ini untuk memberdayakan masyarakat kelompok tani Jambu Kristal dan Pepaya Califoran di Kabupaten Bogor, untuk membudidayakan dan memproduksi buah lokal, tujuannya untuk mengurangi impor, agar masyarakat kabupaten bogor sudah bisa menyediakan produk-produk lokal dan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

“Peserta pelatihan sebanyak 90 orang terdiri dari 6 Kecamatan, dan ini akan diteruskan menjadi 15 titik, dan ini baru 6 titik dulu, antara lain Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Sukamakmur, Kecamatan Jonggol, Kecamatan Cileungsi, Kecamatan Babakanmadang dan Kecamatan Tajurhalang. Disesuaikan dengan Potensi dan anggarannya, dan setelah pelatihan ini mereka akan mendapatkan bantuan bibit jambu kristal dan bibit pepaya kaliforan.” Terang Siti Farikah Selaku Kepala BKP5K Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut Siti Farikah menjelaskan, “Jambu kristal dan pepaya kaliforan ini merupakan komoditas unggulan Kabupaten Bogor yang biasa di budidayakan oleh masyarakat, dan diharapkan akan lebih mudah memproduksinya. Kita sudah terbiasa mengkonsumsi buah lokal tidak tergantung dengan buah impor, karena buah lokal itu tidak kalah pentingnya dan rasanya juga enak, harganya juga terjangkau oleh masyarakat, kualitasnya bisa baik dan bisa disediakan sepanjang tahun.”

Udin salah satu peserta pelatihan berujar, dirinya merasa senang dan sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Bogor atas perhatiannya dengan diadakannya pelatihan kepada kelompok tani. Sehingga para kelompok tani memperoleh pemgetahuan tentang budidaya Jambu Kristal dan Pepaya Kaloforan, yang tentunya akan menambah pendapatan para petani di Kabupaten Bogor. Ujarnya Kepada Infodesaku. | AJH

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved