Breaking News
Loading...
Senin, 13 Oktober 2014

Aset Yang Terpendam Dikecamatan Japah

Infodesaku  | Blora - Potensi desa Tengger Kecamatan Japah Kabupaten Blora hingga sampai berita ini di publikasikan belum ada tangan trampil yang memolesnya dengan serius.
Terbukti dengan adanya penggunaan peralatan alat keseniaan yang masih sangat sederhana dana menggunakan kustum yang sanagat trasisionan yang cendrung apa adanya.
Kesenin ini merupakan kesenian asli dari arab. Bernafaskan Islam.Keberadaan seni hadrah yang tergabung dalam Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) semakin terpinggirkan oleh zaman. Seni pembacaan salawat yang diiringi dengan terbang (rebana) dan gerakan tarian dari puluhan laki-laki (rodat) sudah jarang ditemui di tengah kota. Keberadaanya lebih banyak didesa-desa yang masih membudayakan seni hadrah dengan para rodatnya.
Namun kesenian ini saat ini di kembangkan oleh warga desa tengger melalui kelompok pengajian yang ada di desa Tengger.
Untuk dapat merangkul penggemar dari kalangan muda maka kesenia ini mulai dicampur dengan perangkat musik modern, misalkan organ elektrik. Meskipun ditambah dengan organ elektrik akan tetapi perangkat tradisionalnya lebih dominan. Modifikasi ini semata mata untuk merangkul penggemar dari kalangan muda.Sedangkan lagu yang di bawakan merupakan lahu yang sedang trend saat ini digubah liriknya dengan menggunakan bahasa arab.
Sebagai Lurah desa Tengger Murdono mendorong dan memberi suport berupa penggantian peralatan yang sudah tua dan memberi akomodasi untuk kegiatan lomba. " Harapan Kita kedepannya aset desa ini akan mendapat donatur yang lebih bagus, sehingga personil yang bergabung di dalamnya  dapat mengembangkan talenta -talenta yang mereka miliki agar dapat lebih maju dan propesional untuk menambah penghasilan keluarga".Ujarnya | ARAS DOANG

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved