Breaking News
Loading...
Rabu, 12 November 2014

Lampion Buatan Warga Binaan PKK Mekarjaya yang Unik

Infodesaku | Depok - Lampion buatan warga binaan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK Mekarjaya mempunyai bentuk yang sangat lucu dan unik, membuat setiap yang melihat ingin memilikinya. Selain bentuknya yang lucu dan unik, warna yang dipilihpun cukup menarik perhatian.
“Kami membuat bentuk-bentuk dari tokoh kartun agar anak-anak senang melihatnya,” ujar Zaenab, warga RT. 10 / RW. 16 Kelurahan Mekarjaya, Selasa (11/11/2014) saat menerima tim Monitoring dan Evaluasi (monev) 10 Program Pokok PKK dan tim penilai lima lomba PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Untuk pembuatan lampionnya sendiri pertama-tama bulatan kepala kartun dicetak memakai balon, lalu balon tersebut diberi lem kayu yang banyak di seluruh balon. Lantas balon yang sudah dilem itu dibaluri benang sampai menutup seluruh permukaan balon. Apabila balon sudah tertutup benang, tinggal proses penjemuran dan penambahan ornamen mata, hidung, pita, dan lain sebagainya. Setelah semua selesai barulah dipasang kabel dan lampu hias.

“Kami bisa membuat lampion ini memakan waktu satu sampai dua hari, tergantung dari teriknya matahari karena berpengaruh terhadap proses pengeringan lem,” kata Zaenab.
Untuk harga jual, pengurus UP2K memberi harga empat puluh lima ribu sampai seratus ribu rupiah, tergantung dari besar kecilnya lampion yang dipesan. Namun, menurut Zaenab pembuatan lampion yang sudah berjalan ini masih terkendala dengan kurangnya pengetahuan tentang pemasaran sehingga produk yang dihasilkan belum maksimal menghasilkan uang.

Sementara itu, Nuraida salah satu tim penilai yang juga wakil ketua 3 TP PKK Jawa Barat, sangat mengapresiasi kreativitas warga binaan UP2K tersebut dan diharapkan kedepan bisa terus meningkatkan prestasi lagi.

“Saya sangat kagum dengan kreativitas ibu-ibu, harapannya bisa terus maju lagi usaha yang telah dilakukan,” kata Nuraida.

Selain lampion dipamerkan juga kudapan stick yang terbuat dari lele dan bit, minuman sehat jahe merah, abon lele, dan tas daur ulang. | YAS

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved