Breaking News
Loading...
Jumat, 09 Januari 2015

Infodesaku | Ciomas, Bogor
Tim Penggerak PKK Kecamatan Ciomas menggelar pelatihan Posyandu di Rumah Makan Joglo yang diikuti 150 kader Posyandu,08/01, acara Pelatihan Posyandu dihadiri Ketua TP PKK Ny. Drg. Nenden Siti Zahrawaani Sutisna,
Sekretaris Camat (Sekcam) Ciomas Rahmat, PKP kab.Bogor, Heni sukarnengsih,spdi, Ketua Paguyuban Kecamatan,Ujang Atmaja Ketua Jari Emas,Aan,Hanapi,Kelompok Kerja (Pokja ),Kepala UPT Puskemas Ciomas, Drg. fitriani tjiptoputranti,serta 150 kader posyandu.

Materi pelatihan disampaikan oleh Tim Motivator Ucu lestari,dan Materi Hipnoterapi oleh EVi Hapipudin,dan tentang kegiatan posyandu yang disampaikan oleh narasumber dari UPT Puskesmas,serta cara pengisian Sistem Informasi Posyandu (SIP).

Sekcam Ciomas juga sebagai Ketua Pokja I  Rahmat mengatakan,"Mari kita semua manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik - baiknya,dan ikuti apa yang akan disampaikan para narasumber diacara ini,Tim pendamping PKP kab. Bogor, Heni sukarnengsih,spdi, menambahkan Pelatihan Posyandu di tingkat Kecamatan ini harus ditindak lanjuti dah dimotifasi terus,supaya kedepan lebih maju berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,juga di dijadikan cermin untuk Desa - desa lain,"ungkapnya.

Posyandu merupakan wadah pelayanan masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan, oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas dan Dinas terkait dalam rangka pencapaian Norma Keluarga Kecil dan Sejahtera.

Dalam Upaya Menggairahkan Posyandu Dilaksanakan Berbagai Kegiatan Yang Secara Berjenjang Dan Berkesinambungan,penimbangan Balita,pengajian rutin tingkat Kecamatan dan Desa dan sebagainya.

Antuasme peserta Posyandu,dan para kader membuat semangat Tim Penggerak PKK. Kecamatan.
 Kecamatan Ciomas berjumlah 11 Posyandu,Kelompok yang tersebar diseluruh Desa - desa yang telah berjalan dengan baik, masing-masing posyandu telah melengkapi sarana dan infrastruktur yang telah diatur dalam pelaksanaannya.

Meskipun kita sadari masih banyak posyandu yang belum memiliki sarana yang belum lengkap masih adanya Posyandu yang menggunakan pasilitas lain,dan rumah untuk pelayanan masayarakat Melalui peningkatan peran tersebut Sekretaris posyandu Tanjung mengatakan," Rustina kepada infodesaku,"Kedepan Posyandu tanjung harus mempunyai gedung tersendiri supaya lebih nyaman dalam segala kegiatan dan pelayanan di posyandu apalagi kader adalah ujung tombak di masyarakat dan dalam setiap penimbangan balita dan ibu hamil, bahkan mereka sudah bisa merasakan mamfaatnya betapa pentingnya.

Untuk mengetahui perkembangan pertumbuhan,dan Posyandu Multi Fungsi, Ia menambahkan Semua kader Posyandu harus tambah kompak dan semangat terus di lapangan,"ungkapnya.

Berkenaan hal tersebut, maka pelatihan kader posyandu seperti yang dilaksanakan sekarang merupakan langkah yang efektif. Sumberdaya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan
keberhasilan pengelolaan posyandu, baik sebagai unsur masyarakat, kader, pengelola maupun petugas pembina posyandu.

Untuk itu upaya peningkatan kemampuan peran aktif sumber daya manusia dalam mewujudkan kemandirian posyandu perlu semakin ditumbuhkembangkan, antara lain
dengan memantapkan komunikasi, informasi dan edukasi, serta keterpaduan pelatihan dan sistem informasi posyandu beserta pembinaan administrasinya.

Perlu kiranya keterlibatan dan peran serta masyarakat dalam melaksanakan kegiatan posyandu dalam mendukung perlengkapan sarana dan prasarananya. Hal tersebut berguna untuk memudahkan keberlangsungan pelaksanaaan,dan Peningkatan kapasitas kader menuju posyandu multifungsi.|WAN.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved