Breaking News
Loading...
Rabu, 07 Januari 2015

Milad Baznas, Gubernur jabar Resmikan Babula Center di Desa Cemplang

Infodesaku | Cibungbulang, Bogor
Badan amil zakat ( BAZNAS ),sebagaimana diketahui zakat adalah ibadah yang wajib hukumnya bagi umat islam yang memiliki harta mencapai nisab.
Pelaksanaan zakat memilki keterkaitan dengan banyak aspek. Yakni keimanan,pemahaman Islam yang baik, ekonomi, sosial, serta hukum dan perundang - undangan negara.
Satu hal yang semakin disadari dewasa ini bahwa zakat bukan hanya semata - mata diserahkan kepada kesadaran muzakki saja, akan tetapi tanggungjawab menghimpun dan mendistribusikannya dilakukan oleh amil yang resmi sesuai dengan QS.  At - Taubah 60 da 103.

Sesuai undang - undang nomer 23 tentang pengelolaan Zakat, Baznas adalah pemerintah nonstruktural yang bersipat mandiri dan bertanggungjawab kepada presiden melalui mentri.
Baznas melaksanakan pengumpulan zakat,infaq,shadaqah,dan sumbangan sosial keagamaan lainnya yang berasal dari perorangan, lembaga atau badan usaha yang berkedudukan di Indonesia untuk diserahkan kepada yang berhak menerima yaitu para mustahik.

Salah satu rangkaian acara Milad BAZNAS yang ke-14 tepatnya tanggal 17 Januari 2015. Bersama BAZNAS bekerja sama dengan Qatar Charity Indonesia dan Yayasan Siti Hajar Sudja'i, membangun Yatim Islamic Boarding School (YIBS) yang diberi nama Babula Center di Desa Cemplang, Kampung Cirangkong, Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat. Dimana pembangunannya merupakan donasi dari Qatar Charity diatas tanah waqaf milik yayasan Siti Hajar Sudja'I dan pengelolaan dilaksanakan oleh BAZNAS. YIBS menginduk pada kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) frontal setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kurikulum pendidikan dan pelatihan keterampilan tersebut disesuaikan dengan karakter anak yatim yang berbasis pesantren dan berbasis Talent Maping yang direncanakan sebagai National Yatim Center di Indonesia.
Peserta didik YIBS berasal dari berbagai provinsi di Indonesia bekerjasama dengan jaringan BAZNAS Provinsi/Kab/Kota dan rumah yatim.
Untuk batch 1 jumlah siswa yang akan direkrut adalah sebanyak 60 putra. Peresmian Gedung Babula Center dilaksanakan pada 7 Januari 2014, yang dihadiri oleh Mentri Agama RI, (Assisten Executif Director Of International Development For Operation Qatar Charity), Prof. Dr. K. H. Didin Hafidhudin, M. S (Ketua Umum BAZNAS), H. Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), H. Nurhayati (Plt Bupati Bogor 2014). 

Dalam acara ini BAZNAS juga menyelenggarakan pengobatan gratis bagi warga sekitar, Santunan untuk 50 anak Yatim, pemberian paket gizi untuk 300 KK, dan pelatihan jurnalistik untuk para yatim.
Diharapkan Babula Center dapat menjadi National Yatim Center di Indonesia. Sebelumnya QATAR Charity Indonesia (QCI) dan Bazan Amil Zakat Nasional menandatangani nota kesepahaman dalanm pembangunan komplek pendidikan terpadu di Cemplang, Cibungbulang, Kabupaten Bogor
Jawa Barat. Penandatanganan dilangsungkan dikantor QCI, 11 September 2013 Jl. Pengadegan Barat Raya No 19, Pancoran Jakarata Selatan.| BP/WAN

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved