Breaking News
Loading...
Rabu, 07 Januari 2015

Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Sejahterakan Petani Kabupaten Bogor Melalui Pembangunan Lumbung Padi

Infodesaku | Cibinong
Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP5K) Kabupaten Bogor, tengah fokus meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan para petani di Kabupaten Bogor. Melalui berbagai program yang berkaitan dengan kesejahteraan para petani, salah satunya dengan membangun gudang lumbung masyarakat (lumbung padi) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Bahkan diakhir tahun 2014 lalu, pihaknya telah berhasil membangun sembilan lumbung padi disejumlah wilayah Kabupaten Bogor.

Kabid Ketahanan Pangan BKP5K Kabupaten Bogor, Ruhendra menerangkan, tahun 2014 lalu pihaknya telah berhasil membangun sembilan bangunan lumbung padi. Untuk pembangunan tujuh lumbung padi kepada sejumlah kelompok tani padi di Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, menggunakan dana bantuan pemerintah pusat yang diberikan melalui pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp350 juta. Satu unit bangunan menyerap anggaran Rp50 juta, Rp30 juta untuk pembangunan gedung dan Rp20 juta untuk anggaran pembelian gabah padi. Sementara itu, untuk pembangunan dua bangunan lumbung padi terhadap kelompok Tani Makmur yang ada di Kecamatan cigombong dan Kelompok Sri Tani di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, dengan menggunakan alokasi dana khusus dari kementerian kehutanan sebasar Rp400 juta. Atau masing-masing bangunan dialokasikan sebesar Rp200 juta.

“Pembangunan lumbung padi di lakukan untuk meningkatkan meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Bogor. Selain itu, lumbung-lumbung tersebut dibangun untuk menstabilkan harga gabah saat musim paceklik tiba. Bahkan pada tahun 2013 kami telah membangun 17 lumbung padi yang tersebar di 40 Kecamatan Kabupaten Bogor. Sejak tahun 2014 program pembangunan lumbung padi tidak lagi dilakukan oleh Distanhut Kabupaten Bogor, melainkan sepenuhnya telah dialihkan ke pihak kami,” beber Ruhendra.

Lebih lanjut Ruhendra menambahkan, tidak hanya itu keberadaan lumbung padi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat Kabupaten Bogor. Tingginya potensi rawan bencana alam di Kabupaten Bogor, lumbung padi bisa menjadi alternatif untuk penyimpanan padi hasil panen.
“Ketika ada kemarau ataupun kekeringan, kami tetap bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Bogor. Selain itu, kami juga berupaya agar para kelompok tani tetap berdaya dengan ketersediaan gabah yang berada dilumbung-lumbung tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Makmur Kecamatan Cigombong, Mamad mengatakan, pihaknya mengaku dengan fasilitas lumbung padi yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bogor melalui BKP5K Kabupaten Bogor. Pihaknya tidak bisa mendapatkan dukungan sarana produksi pertanian  (termasuk modal) untuk melaksanakan kegiatan budidaya pertanian Pelatihan Manajemen Pengelolaan Lumbung Pangan. Juga terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka sehari-hari.
 

“Ini sangat membantu kami, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi kepedulian Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap para petani. Dengan fasilitas ini, kami akan berupaya meningkatkan kualitas dan produktifitas pertanian untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bogor,” ucap Memed. | INDES

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved