Breaking News
Loading...
Selasa, 06 Januari 2015

Produktivitas Kelompok Wanita Tani Villa Pertiwi

Infodesaku | Depok
Dalam rangka menyukseskan ketahanan pangan dan ketersediaan pangan pada era globalisasi serta kesetaraan gender, dibutuhkan suatu kelompok wanita produktif dibidang pertanian. 
Kelompok wanita tani (KWT) RT. 06/ 015 Villa Pertiwi, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong  berhasil menepatkan diri sebagai kelompok wanita produktif yang berdaya guna serta bernilai ekonomis.
Didirikan pada tahun 2012, lahan untuk KWT yang sekarang ditempati awalnya hanya tanah warga yang tidak terpakai karena difungsikan sebagai tempat pembuangan puing-puing yang sudah tidak terpakai. Selanjutnya atas arahan pengurus TP PKK Kota Depok, lahan yang tidak terpakai itu akhirnya dialihfungsikan menjadi lahan yang lebih produktif menjadi lahan KWT.

“Setelah mendapat kunjungan dari pengurus TP PKK Depok baru kami berinisiatif untuk membuka lahan untuk KWT,” ujar Lilik, salah satu pengurus KWT Villa Pertiwi disela-sela menerima kunjungan Ketua TP PKK Depok pada Selasa (06/01/2014).

Lilik melanjutkan pohon-pohon di lahan KWT yang saat ini ada antara lain singkong, pisang, kimpul, talas, ganyong, mengkudu, oyong, daun mangkokan. Kesemuanya itu ditata dan dirawat secara baik oleh pengurus RT 06/ 015.

Sebelumnya, Lilik yang juga istri ketua RT itu menceritakan, sudah ada beberapa pohon yang berhasil mencapai masa panen yaitu jagung, kimpul, dan sawi. Sebagian besar hasil panen dibagikan ke warga sekitar. Seperti misalnya ketika bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri yang lalu, KWT  Villa Pertiwi tiba waktunya panen kacang panjang. Hasil kacang panjang tersebut dibagikan secara cuma pada warga di lingkungan RT tersebut.


“Alhamdulillah sudah beberapa kali kami panen dan bisa dinikmati hasilnya oleh warga sekitar KWT,” tutupnya mengakhiri pembicaraan. | INDES

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved