Breaking News
Loading...
Senin, 06 April 2015

Nurhayanti Sampaikan Capaian LKPJ 2014






Infodesaku | Cibinong, Bogor
Bupati Bogor Nurhayanti menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2014, dalam Rapat paripurna bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Gedung Serbaguna II Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor, Senin (6/4).
Ia menyampaikan capaian kinerja yang di laksanakan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah melebihi target yang ditetapkan, hal tersebut bukan tanpa kerja keras dan kedisiplinan untuk mencapai keberhasilan tersebut.

Bupati Bogor Nurhayanti mengungkapkan, LKPJ ini disampaikan untuk memenuhi ketentuan pasal 69 ayat 1 dan pasal 71 ayat 2 UUD nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan, serta peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang laporan penyelanggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah. LKPJ ini akan menjelaskan capaian kinerja yang merupakan hasil evaluasi kinerja terhadap renja pembangunan tahun anggaran 2014. Sesuai amanat peraturan meteri nomor 54 tahun 2010, LKPJ ini juga memuat capaian kinerja penyelenggaraan tugas desentralisasi baik urusan wajib maupun urusan wajib. Tujuannya adalah untuk mendorong tumbuhnya semangat objektivitas, serta kemitraan yang harmonis dan sinergitas.

“Pelaksanaan APBD 2014, diawali dengan realisasi pengelolaan APBD Pemkab Bogor tahun 2014. Untuk kelompok pendapatan daerah dari target yang ditetapkan 5,1 triliun terealisasi 5,3 triliun realisasi yang dimaksud yaitu dari PAD 1,7 triliun, dana perimbangan 2,4 triliun, pendapatan yang sah 1,1 triliun. Harus kita akui bahwa jumlah tersebut telah berada jauh diatas rata-rata kontribusi kabupaten/kota di Indonesia,” ujar Yanti.

Lebih lanjut Nurhayanti mengatakan, kedepannya potensi riil PAD akan terus dioptimalkan lagi untuk terus meningkatkan PAD Kabupaten Bogor. Mengenai perkembangan dan kemajuan yang dicapai dalam pelaksanaan kebijakan perioritas tahun 2014, terdapat enam perioritas yang telah diselenggarakan masing-masing OPD. Yang pertama peningkatan akses pendidikan dan kesehatan, telah merealisasikan sejumlah kinerja pendidikan pada tahun 2014 sejumlah kinerja untuk meningkatkan aksesibilitas penyelenggaraan pendidikan melalui operasionalisasi 30 SMP terbuka, 17 SMP Kelas jauh, 15 SD/SMP satu atap, penyelenggaraan kelompok belajar paket A setara SD, Paket B setara SMP.

“Selain itu, kami telah berhasil merehabilitasi 472 ruang kelas SD, penambahan 353 ruang kelas baru SD, 53 rkb SMP, 24 ruang kelas SMP/SMK, pengadaan lahan untuk satu SD, empat  SMP dan  satu SMAN/SMKN. Serta pembangunan 4 unik gedung baru SMP, dan lima unit gedung baru SMKN/SMAN,” tuturnya.

Perempuan yang akrab disapa Yanti menambahkan, untuk urusan kesehatan, dalam rangka peningkatan status gizi masyarakat pengadaan obat essensial mencapai 100 persen. Pelayanan kesehatan rujukan pasien masyarakat miskin 100 persen, cakupan balita gizi buruk mendapat perawatan mencapai 100 persen. Mengenai peningkatan daya saing perekonomian daerah berbasis pedesaan peningkatan ketersediaan dan cadangan pangan serta penanganan kerawanan pangan, melalui kegiatan tercapainya swasembada benih padi unggul bersertifikat pada tahun 2014 terealisasi sebanyak 124 ton, produksi telur dari target 48 juta kilogram terealisasi 49 juta kilogram per tahun. “Untuk tingkat konsumsi protein hewani asal ternak dari target 5,48 gram kapita/hari terealisasi 5,57 gram kapita/hari, dan tingkat konsumsi ikan dari target 24,7 kilogram/kapita/tahun terealisasi 25,18 kilogram/kapita/tahun” katanya.

Sementara pada sektor pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke obyek wisata di Kabupaten Bogor baik wisatawan nusantara maupun wisatawan nusantara maupun mancanegara dimana pada tahun 2014 dari target 4,2 juta wisatawan terealisasi sebanyak 5,01 juta wisatawan. 
“Upaya lainnya melakukan diversifikasi produk wisata dan peningkatan destinasi wisata yaitu dengan menjadikan kampung budaya sindang barang situs batu tulis ciaruteun, kampung adat urug di Kecamatan Sukajaya. Bellacampa, kampung cina, pura parahyangan agung jagatkarta dan 19 benda cagar budaya sebagai lokasi andalan,” tukasnya. | INDES

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved