Breaking News
Loading...
Minggu, 24 November 2013

H.AGUS AMBO DJIWA & H.YAUMIL RM SEJARAH KABUPATEN MAMUJU UTARA, ANAK PASANGKAYU

Infodesaku | Pasangkayu- adalah ibukota Kabupaten Mamuju Utara dimana merupakan salah satu Kabupaten dalam wilayah Provinsi Sulawesi Barat yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Mamuju Utara di

Propinsi Sulawesi Selatan yang ditetapkan pada hari Senin pukul 12.15 WIB tanggal 27 Januari 2003 melalui Sidang Paripurna DPR-RI.

Kabupaten Mamuju Utara terbentuk sebagai sebuah daerah pemekaran dari Kabupaten Mamuju sebagai Kabupaten induk yang pada awalnya daerah ini adalah satu kecamatan yakni Kecamatan Pasangkayu, selanjutnya dengan adanya perkembangan wilayah dimekarkan menjadi empat kecamatan yakni Kecamatan Sarudu, Kecamatan Baras, Kecamatan Pasangkayu dan Kecamatan Bambalamotu.

Sebagai tindak lanjut amanah undang-undang nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 129 Tahun 2000 tentang Persayaratan Dan Kriteria Pemekaran, Penghapusan, Penggabungan Daerah, maka terbentuklah daerah otonom baru yakni Kabupaten Mamuju Utara.

H.Yaumil RM Adalah tokoh atau pengagas berdirinya kabupaten mamuju utara, berkarir mulai dari Staf camat pasangkayu, dan pernah menjabat Sebagai Kepala desa sarudu membuat diirinya sebagai tokoh daerah ini. karena Dukungan masyarakat Kabupaten mamuju utara H.Yaumil RM dipercayakan duduk sebagai ketua DPRD Mamuju Utara dua periode. Yaumil juga sebagai salah satu kader terbaik Partai Golkar. tokoh yang satu ini sudah sangat dikenal dibebagai kalangan masyarakat mamuju utara karena disamping berwibawa juga sangat merakyat.

Kabupaten Mamuju Utara Pada tanggal 18 April 2014 memasuki usia ke- 11 Tahun dan pertumbuhan ekonomi dikabupaten mamuju utara tiap tahun menunjukkan grafik yang membaik. Pada tahun 2013 Pertumbuhan Ekonomi mamuju utara mencapai 16,47%. Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi
diatara kabupaten lainya di provinsi Sulawesi Barat. Pertumbuhan ekonomi mamuju utara ditunjang dengan sektor pertanian dan perkebunan serta hadirnya investasi pengolahan Minyak sawit mentah oleh perusahaan yang telah lama beroperasi di daerah ini.

Dalam rangka penyusunan strategi pembangunan, pemukiman dan insfrastruktur perkotaan (SPPIP), Dan satuan kerja Pengembangan kawasan Pemukiman (PKP) Provinsi Sulawesi barat bersama Pemkab Mamuju Utara. agar FGD (fokus group discussion) untuk membahas penyusunan dan peningkatan SPPIP khususnya di Kaabupaten mamuju utara.

Dalam membangun mamuju utara, Tokoh Daerah ini H.Agus Ambo Djiwa selalu menyampaikan kata kata Bijak bahwa tidak ada lagi perbedaan diantara suku suku yang ada hanya Kita ini warga Mamuju Utara walau kita lahir dijawa, bali atau makassar itu hanya kebetulan saja, dan sekarang kita ini Hidup dimamuju utara berarti kita adalah warga mamuju utara. dengan dorongan partisipasi masyarakat dalam gerakan membangun desa sejahtera, mandiri dan bermartabat (d'Smart).

Untuk membangkitkan peran serta masyarakat dalam membangun Kabupaten mamuju utara melalui desa Smart menurut Agus bahwa kita tetap terus berupaya mendorong dan memotivasi warga. karena Desa smart itu pendekatan pelayanan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. olehnya itu, Kita harapkan kehadiran dan motivasi warga dalam program ini karena sifatnya program ini memberi sentuhan langsung dan kita bertemu langsung, dan berdialog langsung dan menyampaikan semua
persoalan yang akan kita lakukan dan kita harus minta koreksi dari masyarakat kaitanya dengan program yang akan kita lakukan dan program ini nyata. karena memberikan program itu dalam bentuk program fisik dan dikelola langsung oleh masyarakat dan anggaran besarannya itu sebanyak Rp150juta setiap desa smart.

Tahun 2014 mendatang Kabupaten Mamuju Utara mendapatkan kehormatan dari Pemerintah Pusat menjadi tuan rumah pameran atau Expo Percepatan pembangunan Daerah Tertinggal dari kementerian PDT. menurut agus ambo Djiwa Kami selaku pemerintah daerah tentu menyambut positif atas kepercayaan diberikan oleh pemerintah pusat. Maka dalam setiap kegiatan pertemuan dengan masyarakat, Agus selalu menyampaikan dukungan masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini, uatamanya kebersihan kota harus tetap dijaga agar tamu tamu yang datang ke mamuju utara membawa kenagan kenangan yang baik dari daerah kita. (Andi Y)

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved