Breaking News
Loading...
Minggu, 28 Desember 2014

Hujan Lebat, Jalan Desa Selumar di Belitung Terendam Air

Infodesaku | Belitung
Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Belitung membuat akses Jalan Siju,k Desa Selumar Dusun II, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terendam air, Sabtu (27/12/2014) sore. Banjir akibat meluapnya Sungai Selumar ini, terjadi di jalan tepat di sekitar Jembatan Nek Melot.
Pantauan Media ini, sebagian rumah warga sekitar pun turut terendam. Air yang menggenangi jalan yang menghubungkan Kecamatan Sijuk dan Tanjungpandan ini terbagi menjadi dua. Genangan pertama mencapai panjang sekitar 30 meter, lalu genangan kedua sepanjang sekitar 100 meter.

Titik terdalam kedua genangan yang ini diperkirakan mencapai lutut hingga pinggang orang dewasa. Genangan air ini menjadi tontonan warga sekitar. Warga tampak berkumpul di sekitar genangan.


Kendaraan yang melintas harus mengantre untuk melalui jalan ini dibantu arahan dari warga setempat. Menurut warga sekitar, Muhammad, meluapnya Sungai Selumar terjadi setiap tahun. Namun, kali ini keadaannya lebih parah.


Sebelumnya, kata Muhammad, sekitar pukul 8.00-10.00 WIB, kondisi lebih parah. Genangan yang diakibatkan hujan sejak pukul 04.00 wib ini, hampir menutupi Jembatan Nek Melot. Ia pun berharap pemerintah dapat meninggikan jalan yang memang terlihat landai ini.


"Jam 8 pagi tadi sampai sekitar jam 10 itu lebih parah. Ini sih lah agak surut," katanya.
Sementara itu, anggota Gabungan Pecinta Alam Belitung (Gapabel), Pipin Heriyanto, yang juga berada di lokasi, mensinyalir meluapnya Sungai Selumar diakibatkan adanya pendangkalan Sungai Sijuk. Pasalnya, sungai yang berada di perbatasan Dusun I dan II Desa Selumar itu merupakan eks Tambang Inkonvensional (TI). "Nah itu, belum ada pengerukan oleh pemerintah," jelasnya . | ADM


0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved