Breaking News
Loading...
Sabtu, 27 Desember 2014

Lurah Karadenan Cibinong, Resmikan Jembatan Ciraden



Infodesaku | Cibinong, Bogor
Masyarakat Cimandala dan Karadenan kini sudah bisa bernafas lega karena sarana penghubung antara dua kelurahan tersebut yaitu sebuah jembatan sepanjang kurang lebih 15 Meter dan lebar 1,5 meter yang diberi nama “Ciraden (Cimandala-Karadenan) kini sudah rampung dan sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat sekitarnya.
Sekian lama masyarakat kedua kel. Kelurahan tersebut mempergunakan jembatan yang terbuat dari bambu dan ironisnya bila setiap hujan deras jembatan bambu tersebut selalu hanyut terbawa derasnya aliran sungai Cibuluh.
Hari Minggu Kemarin (21/12) Adi Nugroho sebagai Lurah Karadenan hadir dan didaulat untuk menggunting pita menandai jembatan Ciraden diresmikan dilanjutkan dengan acara potong tumpeng dan ramah tamah dengan makan bersama dengan para panitia pembangunan jembatan Ciraden beserta tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya, Adi mengatakan bahwa “Ini semua berkat kerja keras masyarakat Kel. Cimandala dan Kel. Karadenan yang bersusah payah mengumpulkan swadaya guna terwujudnya pembangunan Jembatan Ciraden”. Karena menurut Koordinator BKM,  R. Adi Wijaya, dana pembangunan jembatan tersebut berkisar Rp. 40.000.000,- sedangkan PNPM  (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ) hanya bisa mengeluarkan dana sebesar Rp. 15.000.000,- sehingga masyarakat bahu membahu menggalang dana guna menutupi kekurangannya. Selain itu dalam pelaksanaan pembangunan jembatan tersebut masyarakat turut berpartipasi baik moril maupun materil guna menekan biaya pembangunan. 

Namun masih ada satu masalah lagi yang belum teratasi dan selalu menghantui masyarakat sekitar jembatan tersebut adalah soal sungai Cibuluh apabila hujan turun deras selalu meluap dan membanjiri kawasan pemukiman di sekitar jembatan Ciraden. Ketua KSM karadenan, M. Yusuf  berharap agar secepatnya pihak pemerintah dan lembaga yang terkait memberi bantuan lagi,  guna membangun tembok penghalang setinggi 2 meter sepanjang kurang lebih 30 meter” harapnya.

Hal sama juga diutarakan oleh Junaedi salah seorang masyarakat yang bermukim disekitar jembatan yang juga termasuk salah satu anggota PNPM karadenan mengatakan “bahwa bila hujan deras, sungai Cibuluh selalu meluap dan mengakibatkan banjir dengan ketinggian bisa mencapai 1 Meter, malah belum lama ini beberapa rumah penduduk sampai roboh dinding rumahnya karena banjir tersebut”. Tegasnya. | AS/DS

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved