Breaking News
Loading...
Minggu, 22 Maret 2015

Citamiang Tugu Utara Cisarua Puncak, Objek Wisata Edukasi


Infodesaku|Cisarua, Bogor
Desa Tugu Utara merupakan salah satu Desa yang terdapat di Wilayah Perkebunan Teh, tepatnya terletak di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.

Desa ini memiliki potensi Objek Pariwisata yang telah kesohor baik dalam Negeri maupun luar negeri, dengan kondisi Alam yang masih sejuk, para pelancong kerap berlibur diwilayah Desa ini, Hutan yang berada dikawasan ini umumnya ditumbuhi pohon pinus, Damar, Saninten, Palem, dan lainnya yang khas endemik hutan puncak Bogor,suhu rata –rata di daerah ini Antara 17 sampai 25 derajat celcius sehingga diarea ini terasa begitu sejuk .

Desa Tugu Utara memiliki luas lahan 1703 Ha, dan merupakan Desa yang berbasis Desa Kehutanan dengan berbagai potensi sumber Alam yang baik, maka dengan program pengembangan pengelolaan Objek wisata terutama wisata Alam, merupakan salah satu bentuk pengembangan Ekonomi kerakyatan yang tentunya kini sedang digalakan.

Ada beberapa Objek Wisata Alam seperti Telaga warna, Telaga Saat, Curug Cisuren, Situ Beunteur dan lain sebagainya, kini mulai dikembangkan dan dikelola secara Swadaya, sehingga dengan Program ekonomi kerakayatan tadi, sekiranya bisa memberikan kontribusi yang postif bagi warga masyarakatnya.
Menurut Kepala Desa Tugu Utara Asep Ma’mun mengatakan,“Awal terbentuknya Desa Wisata merupakan harapan dan keingin warga Desa, sehingga Kami (red) beserta elemen warga masyarakat, pada April tahun 2013 lalu, membentuk Pengurus Desa Wisata yang diberi nama “Dewi Amarta” (Desa Wisata Aliansi Masyarakat Tugu Utara),”ungkapnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Ketika Dewi Amarta ini telah terbentuk, selanjutnya dibina oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bogor, dengan terbentuknya Desa Wisata yang kini telah berjalan sesuai dengan program Desa Tugu Utara, Harapan kami Desa Citamiyang kepada pemerintah Kab.Bogor untuk memberikan pembinaan lebih lanjut dan lebih intensif, biasa memberikan peluang untuk tenaga kerja bagi warga masyarakat sekitar,dukungan yang optimal,serta pembinaan kepada rekan-rekan secara berkala,” pungkas Asep

Menurut salah satu pengelola Desa Wisata Mugie, mengatakan, Ada sekitar 32 orang anggota yang mengelola Desa Wisata ini,  banyak pengunjung yang datang baik dimana – mana, Objek Wisata Citamiyang ini merupakan salah satu Objek Wisata Edukasi (Pendidikan), para pengunjung ini diberikan pemahaman tentang cara perawatan Teh,peremajaan Teh,”katanya.

Tempat Wisata Citamiyang yang terletak di Desa Tugu Utara cocok bagi yang suka berkemah, lantaran disini ada beberapa fasilitas yang dimilki objek Wisata tersebut seperti, Padepokan, Mushola,Toilet, areal kamp, Outt Door, fixed, Shelter, jalur Tracking serta camping ground ditambah dengan pemandangan yang eksotis, juga jalur trekking bagi yang suka berpetualang, membuat para pengunjung enggan untuk pulang kerumahnya, bahkan bagi yang ingin mengadakan tour secara berkelompok atau group, telah tersedia pula 7 unit Pondokan yang terbuat dari bahan alami berupa banbu hitam.

Area Wiasata dikelilingi pohon pinus dan hamparan perkebunan teh yang membentang luas, sehingga para pengunjung banyak yang melakukan pemotretan dan terlihat indah dan elok dengan pemandangan pohon pinusnya.

Selain menyediakan area perkemahan dan pondok penginapan, juga menyediakan paket wisata tea walk, jungle track, hingga para pengunjung untuk menanam pohon serta memberikan nama pohon tersebut.


Ramainya para pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktu berliburnya pada weekend (sabtu dan minggu) dan saat bulan Agustus, September, Oktober, November, hingga akhir tahun. | YAS

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved