Breaking News
Loading...
Minggu, 22 Maret 2015

Fokus Dirikan Koperasi Unit Desa Solusi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bitung Sari


Infodesaku | Ciawi, Bogor
Mejadi Kepala Desa merupakan bagian dari sebuah tantangan bagi siapapun, umumnya Kepala Desa disandang oleh kaum laki-laki, namun tidak dengan Desa Bitung Sari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Adalah D. Andayani Sarbini, perempuan paruh baya, yang dilantik sejak April 2014 lalu memberi warna tersendiri, terutama diwilayah Kecamatan Ciawi.

Kendatai usia menjabat sebagai Kepala Desa belum genap satu tahun, namun berbagai perubahan didesanya telah nampak signifikan, seperti pada kegiatan pembangunan dibidang Infrastruktur, program lanjutan ditahun 2014 lalu usai terlaksana dengan baik.

Desa Bitungsari memiliki luas lahan sekitar 150 Hektar, dengan cuacanya yang sejuk, dipilih Andayani untuk hijrah dari Kampung asalanya, yakni Garut, mengikuti jejak suami yang senantiasa mendukungnya, Ibu dua anak ini kini, telah mengabdikan kemampuannya untuk membangun Desa Bitungsari Kecamatan Ciawi.

Hasil mempelajarinya kebutuhan Desa selama kurun waktu 11 bulan, akhirnya Andayani mulai melakukan langkah-langkah konkritnya, dengan dibantu perangkat Desanya, serta BPD (badan permusyaratan Rakyat) serta masyarakatnya, Andayani memiliki Program unggulan barunya.
“Program yang akan digulirkannya berupa pembentukan Koperasi Unit Desa (KUD), yang nantinya akan bermuara kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)”.Ungkap Andayani

Lebih lanjut dirinya mengatakan, jika yang paling penting masyarakat itu adalah koperasi, kenapa demikian?, karena dengan menjamurnya “RENTENIR” ini membuat saya selaku Kepala Desa gelisah, adanya Rentenir akan menjadikan masyarakat bukannya akan terlepas dari masalah, bahkan akan berdampak pada hal yang lebih menyulitkan. Tuturnya.

Koperasi yang akan kami dirikan akan dibagi poskonya, atau Unitnya disetiap RT yang terdapat di Desa ini, targetnya dengan jumlah sebanyak 25 RT, Unit pelayanan akan kami siapkan disetiap RT nya, namun jika hal itu belum dapat terpenuhi, minimal Unit pelayanan dipastikan ada disetiap RWnya.


Dengan akan didirikannya KUD tadi, Andayani berharap, Masyarakat Bitungsari dapat bekerjasama dengan kami, sehingga cita-cita membangun Desa dalam bidang Ekonomi kerakyatan melalui Koperasi ataupun BUMDesa, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bitungsari. Ucap Andayani seraya memohon do’a dan dukungannya kepada Masyarakat Desa, serta seluruh elemen masyarakat Desa Bitung sari. | YAS

1 komentar:

  1. Saya dukung program Koperasi & BUMDes nya ...
    Make happen!!!!!

    BalasHapus

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved