Breaking News
Loading...
Kamis, 30 April 2015

Karya Bakti Koramil 015 Japah dalam Penanaman Talas.

Infodesaku - Japah Blora | Dalam Upaya yang mendorong masyarakat untuk memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsinya sehingga tidak terfokus pada satu jenis. Koramil 015 / Japah melakukan pananaman Talas dengan maksud diversifikasi pangan untuk memvariasikan konsumsi masyarakat Kecamatan Japah khususnya agar tidak terfokus pada nasi, karna Indonesia memiliki beragam hasil pertanian yang sebenarnya bisa difungsikan sebagai makanan pokok seperti sukun,ubi, talas dan sebagainya yang dapat menjadi faktor pendukung utama diversifikasi pangan.
Kegiatan yang di laksanakan kemari Rabu 30 April 2015,  Danramil  Japah Kapt Inf Subeno, Kapolsek Japah AKP Daryoto, Camat Japah H. Kiswoyo, SH. M,Si beserta UPTD Pertania,Perikanan, Perkebunan, Perikanan melakukan penanam ribuan talas secara serempak di tiap – tiap desa yang tersebar di beberapa wilayah di kecamatan Japah.
Dalam Sambutan Camat Japah Gerakan ini bermaksud menumbuhkan kesadaran dan mengubah perilaku masyarakat  sehingga mereka mau mulai mengurangi konsumsi nasi dan mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan yang beragam dan aman, murah dan menyehatkan berbasis sumber daya lokal, berupa singkong, ubi, talas, kentang, ganyong, dan umbi-umbian lain. Karna singkong, ubi, talas, kentang, ganyong, dan umbi-umbian lain merupakan tanaman yang sering di jumpai disekitar kita namun selama ini belum di kelola secara baik. Disamping itu pula dalam pola penanamanya pun relative mudah.
 “ Dengan bertambahnya jumlah penduduk. Konsumsi beras yang tinggi memicu impor beras, yang artinya larinya devisa kita ke luar negeri. Selain itu, ketergantungan terhadap satu makanan pokok akan berdampak pada ketahanan pangan, sehingga Diversifikasi pangan pada pemerintahan Indonesia menjadi salah satu cara untuk menuju swasembada beras dengan minimalisasi konsumsi beras sehingga total konsumsi tidak melebihi produksi. Definisi diversifikasi pangan tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 68 tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan “ Ungkapnya.
Senada Juga di ungkapkan Koramil 015 Japah Kapt. Inf Subeno Dalam upaya mensukseskan ketahan pangan di kabupaten Blora pada khususnya di kecamatan Japah koramil Japah, Polsek Japah didukung sepenuhnya pemerintahan kecamatan Japah melakukan penanaman bibit talas sebagai salah satu alternative bahan makanan yang murah dan sehat.
“Tanaman ini dapat tumbuh diberbagai jenis tanah dengan berbagai kondisi lahan baik lahan becek  maupun lahan kering. Sehingga warga dapat memanfaatka lahannya di sekitar pekarangan rumah sehingga dengan percontohan ini dapat merangsang warga untuk menanamnya” Ungkapnya.
Diharapkan kepada seluruh masyarakat kecamatan Japah ke agar petani dapat terbantu dengan adanya swasembada pangan ini dan dapat mempergunakan kegiatan ini sebaik-baiknya sehingga dapat merubah pola hidup masyarakat yang masih sederhana untuk menuju swasembada beras  lebih maju lagi kedepannya| Aras




0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved