Breaking News
Loading...
Kamis, 16 Oktober 2014

Camat Dramaga : Bertekad Pertahankan Lahan Pertanian

Infodesaku | Dramaga, Bogor - “Jangan sampai lahan produktif di bidang pertanian beralih menjadi lahan bagi perumahan” demikianlah kalimat yang disampaian oleh Baehaki selaku Camat di Kecamatan Dramaga kepada infodesaku.

Lebih lanjut dirinya menyatakan dengan banyaknya lahan-lahan pertanian yang sudah beralih fungsi menjadi lahan perindustrian maupun lahan perumahan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bogor, mendapat perhatian serius dari beberapa pihak yang sangat menghawatirkan kondisi tersebut.

Baehaki  angkat bicara, terutama mengenai lahan yang berada diwilayah kerja Kecamatan Dramaga. Menurutnya, “Secara Geografis letak kecamatan Dramaga berada paling depan, atau bisa dikatakan mukanya perbatasan Kabupaten Bogor bagian barat dengan Kota Bogor. Sepuluh desa di wilayah Kecamatan dramaga, dua desa diantaranya kini sudah sebagian besar lahannya beralih fungsi menjadi lahan perumahan.”

Lebih lanjut Baehaki menjelaskan, ini suatu proses perubahan dari lahan produktif menjadi lahan perumahan sangat tinggi sekali. Oleh karenanya, dirinya memohon desa-desa yang masih mempunyai lahan-lahan produktif agar terus manjaganya, jangan sampai generasi kita nantinya kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan.

Dirinya berharap, agar pemerintah memfasilitasi para petani agar mendapatkan kemudahan dan mendapatkan penghasilan yang layak, sehingga minat-minat generasi muda untuk menggeluti bidang pertanian tidak menurun. 

Apalagi Kecamatan Dramaga ini, ada sebuah perguruan tinggi yang kemampuannya dibidang pertanian tidak diragukan lagi. Yaitu Institut Pertanian Bogor, melalui ilmu pengetahuan bisa menghasilkan bibit yang bagus sehingga hasil pertanian juga bisa sangat memuaskan. Kita sudah coba kordinasikan dengan pihak IPB bahwa Kecamatan Dramaga lebih utama di sektor pertanian dan akan menjadikan bukan hanya kuantitas, tetapi kualitasnya pun diprioritaskan.

Selain itu, adanya 3 danau yang ada di Kecamatan Dramaga akan dimanfaatkan sebagai lahan peikanan dan pan pengairan untuk lahan-lahan pertanian, seperti Desa Cikarwangyang mempunyai lahan perikanan seperti budidaya ikan mas, gurame dari pembibitan sampai panen bisa bekerja sama dengan IPB.

Ada 2 Desa yang harus dipertahankan dan dijadikan desa wisata, mudah-mudahan ini bisa menjadikan penghasilan yang baru bagi masyarakat karena letaknya yang strategis. Terangnya kepada infodesaku. | BAGOES

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved