Breaking News
Loading...
Kamis, 16 Oktober 2014

Pesawahan di Desa Sukagalih Kini Bisa Teraliri dengan Normal

Infodesaku | Jonggol, Bogor - Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor adalah termasuk salah satu Desa penghasil padi, dengan mayoritas masyarakatnya 70% adalah petani.

Desa yang mempunyai jumlah penduduk 3800 jiwa dengan luas wilayah sebesar 477,7 Ha dipimpin oleh Samsudin sebagai Kepala Desa Sukagalih. Sudah 3 Tahun berjalan memimpin, menurut Samsudin masalah Irigasi sangat penting dibenahi.

Ada 3 selokan dari kali Cihoe yang datang dari desa tetangga yang masuk ke kampung Cimendo dengan ukuran selokan yang sama, apabila hujan sedikit saja Kp. Cimendo pasti kebanjiran, selain itu, luapan air tersebut tak jarang meluap ke jalan betonisasi desa yang akhirnya sedikit demi sedikit merusak jalan desa yang ada.

Lebih lanjut, Samsudin mengatakan, “air tersebut mengalir untuk pesawahan sekitar 350 Ha, namun alirannya tidak semestinya. Oleh karenanya, pada musrembang tingkat desa, masyarakat Desa Sukagalih mengusulkan adanya penyekatan saluran Irigasi garung- Lewih Jati- Cihoe- Ciparangge.”

Setelah kesepakatan musrembang tingkat desa disepakati, lanjut Samsudin, dirinya beserta staf desa membuat proposal agar penyekatan tersebut bisa di setujui oleh

Terkait isu-isu yang berkembang di masyarakat, bahwa seakan-akan Kades Sukagalih agak malu dengan CV peaksanaan dan mempunyai keuntungan, H. Cecep salah satu tokoh masyarakat angkat bicara dan secara tegas membantah.

Menurut H. Dacep, dirinya langsung ikut turun mengawasi pekerjaan tersebut, rasa curiga dan kecemburuan dari masyarakat perlu diberi penjelasan dan seharusnya masyarakat merasa bersyukur penyekatn Irigasi sudah rampung dengan dari pemda.


Apakah masyarakat Desa Sukagalih mampu membangun? Kan tidak bisa! Ya kita ucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Bogor, amin…. Tegas H. Dacep”. | ABDI

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Desa Krocok All Right Reserved